Senjata Pamungkas dalam Novel Fantasi

Di dunia sihir biasanya ada mantra-mantra yang makjleb duer! yang dimiliki oleh penyihir-penyihir kuat. Sihir ini biasanya mesti diucapkan secara verbal atau disalurkan oleh tongkat sihir dan benda-benda magis lainnya. Di dunia kita pun, ada banyak senjata legendaris semacam ini dan beberapa di antaranya diambil oleh para penulis novel fantasi sebagai senjata pamungkas tokoh-tokoh mereka. Tapi sering pula penulis menciptakan senjata pamungkas mereka sendiri, dengan sejarah, bahan pembuatan, dan asal usulnya lengkap. Kebanyakan sih senjatanya berbentuk pedang. Jadi, let's take a look ;)



1. Elder Wand


Elder Wand merupakan senjata terkuat dan tertua dalam Harry Potter universe. Terbuat dari Elder Wood dan surai kuda Thestral, kuda magis yang hanya bisa dilihat oleh orang yang dekat dengan kematian. Elder Wand termasuk salah satu benda dalam legenda Deathly Hollows dan dikatakan Kematian sendiri lah yang memberikan Elder Wand kepada Antioch Peverell, pemiliknya yang pertama. Elder Wand memberi tambahan tenaga berlipat ganda kepada siapapun pemiliknya bahkan sanggup menghancurkan tongkat penyihir lain. Karena kekuatannya, dia pernah dimiliki oleh penyihir-penyihir hebat seperti Dumbledore, Grindelwald, dan Voldemort sendiri.



2. The Sword of Shanara


 The Sword of Shannara adalah judul buku pertama dari Shannara trilogy dan merupakan trilogi pertama dari banyak trilogi lainnya yang masih berada di Shannara universe. Pedangnya dibuat oleh seorang elf handal dengan menambahkan jimat elf dan sihir druid, sehingga pedang tersebut mampu membuat siapapun yang menyentuhnya menyatakan kebenaran. Pedang ini khusus dibuat untuk melawan Raja Warlock yang mengancam kestabilan dan kedamaian dunia Shannara.



3. Seraph Blade


Dalam serial Shadowhunter universe, Seraph Blade adalah pedang yang terbuat dari Adamas, sejenis kristal yang hanya ada di Surga, dan hanya Iron Sisters saja yang bisa membuatnya. Pedang ini digunakan untuk membunuh iblis dan makhluk neraka lain, dan bisa digunakan juga untuk malaikat. Untuk mengaktifkannya (agar kekuatannya maksimal), para shadowhunter harus menyebut nama malaikat. Konon setelah disebut nama malaikatnya, pedang tersebut mendapat kekuatan dari rohnya. Tidak berguna jika iblis yang menggunakannya dan jika manusia ditusuk pedang ini, manusia tersebut akan hancur meledak dalam api.



4. Brisingr


Pedang yang khusus dibuat untuk Eragon ini berwarna biru dan mengandung sihir api, karena Brisingr sendiri berarti api dalam bahasa kunonya. Setiap kali Eragon menyebut Brisingr, maka api biru akan keluar menyelimuti bilahnya, Namun fungsinya tidak berhenti sampai di situ. Ada petunjuk kalau nama sejati pedangnya bukan Brisingr dan bisa jadi mengandung kekuatan yang lebih dari sekedar mengeluarkan api. Pedang ini dibuat setelah pedang Eragon yang sebelumnya, Zar'roc, direbut Murtagh. Zar'roc adalah pedang ringan yang sanggup membunuh banyak naga.



5. One Ring


Benda yang satu ini memang bikin siapapun bernafsu mendapatkannya karena bujukannya yang aduhai. Cincin milik Sauron ini berisi rohnya sendiri dan menjanjikan para pemiliknya kekuasaan yang absolut terhadap semua makhluk. Tapi jika bukan Sauron yang memakainya, setiap orang atau elf atau dwarf atau hobbit akan hancur dalam jurang keputus-asaan akibat manipulasi sang cincin. Cincin ini dapat memanggil pemiliknya, karena memang hanya Sauron yang berhak. Di tangan orang lain, cincin ini mampu menyembunyikan wujud fisik orang tersebut dan memperpanjang usianya. Meski menjanjikan kekuatan dan kekuasaan, setiap orang yang mendapatkannya hanya akan tersihir dan melupakan semua hal.



6. The Vorpal Sword


Dalam puisi Jabberwocky karya Lewis Caroll, Pedang Vorpal digunakan Alice dalam petualangannya di Wonderland untuk membunuh monster itu. Jabberwocky merupakan monster mirip naga raksasa yang menebar teror di Wonderland. Arti dari kata Vorpal sendiri tidak ada, tapi kemudian istilah ini sering digunakan untuk menyatakan senjata yang bilahnya amat tajam, baik itu pedang, pisau, kapak, atau lainnya.



7. Vasilis


Dalam serial Fablehaven, Vasilis adalah salah satu dari enam pedang legendaris yang mampu mencerminkan hati penggunanya. Dia pernah digunakan oleh penyihir terkuat untuk menyegel para penyihir jahat, tapi kemudian penyihir itu jatuh dalam kegelapan setelah memantrai diri dengan keabadian karena takut pada kematian. Para penyihir lain terpaksa menyegelnya juga beserta dengan pedang Vasilis. Seth secara tak sengaja menemukannya dan menggunakannya. Dengan pedang tersebut dia mampu berpikir jernih, jauh dari rasa takut dan mengalahkan musuh-musuhnya. Di tangan Kendra, pedang itu bahkan bersinar lebih terang lagi. Pedang ini bagus untuk menjernihkan pikiran yang galau.



8. Riptide


Adalah pedang yang dapat berubah bentuk menjadi bolpoin jika tidak sedang digunakan. Percy Jackson mendapatkan pedang ini dari gurunya, Chiron, untuk bertarung melawan monster. Pedang ini tidak bisa hilang, karena akan selalu kembali ke kantong baju Percy jika terpisah, Nama Riptide berarti arus air yang kuat, membuat pedang tersebut dapat mengambil kekuatan dari air, sehingga cocok jika digunakan oleh Percy yang adalah putra Poseidon. Dalam legenda asli, Perseus mendapatkan pedang serupa dalam misinya membunuh Medusa, disebut Pedang Adamantine (pedang berlian) atau Harpe yang teramat tajam dan mampu membunuh dewa. Pedang tersebut awalnya digunakan Kronos untuk membunuh ayahnya Uranus, sebelum Zeus merebutnya dan meminjamkannya pada Perseus, yang merupakan putranya.



9. The Lightbringer


Pedang legendaris ini disebut-sebut bercahaya dan memancarkan panas seperti api. Dalam ramalannya, Pedang Lightbringer akan ditarik dari api oleh Pangeran Perjanjian yang telah dipilih oleh Penguasa Cahaya untuk mengalahkan kegelapan, seperti yang dulu pernah dilakukan Azor Ahai. Jika bukan pangeran yang disebut dalam ramalan, pedang tersebut tidak bisa disentuh karena panasnya yang membakar. Dalam serial A Song of Ice and Fire, pedang ini amat ditunggu-tunggu kemunculannya karena dikatakan dapat membunuh para makhluk di seberang dinding utara. Selain pedang legendaris ini, pedang Valyrian Steel lain disebut teramat tajam dan mampu membunuh manusia maupun makhluk sihir. Valyrian Steel Blades ditempa di daerah Valyrian, terbuat dari bahan dragonglass yang bisa membuat pedang tersebut tetap tajam tanpa perlu diminyaki atau diasah kembali. Hanya ada beberapa pedang Valyrian Steel tersisa di seluruh Westeros, menyebabkan pedang ini jadi langka dan hanya dimiliki para bangsawan.



10. Ruyi Jingu Bang


Sun Wukong mendapatkan senjata ini dari raja naga laut timur, Ao Guang, ketika siluman monyet yang lahir dari batu tersebut pergi ke sana untuk meminta senjata yang sesuai dengannya. Setelah mencoba berbagai pedang, tombak, dan lainnya, Sun Wukong tidak merasa ada yang cocok. Sehingga istri Ao Guang menyarankannya mengambil pilar yang berdiri di gudang mereka tanpa guna. Pilar itu berwarna hitam dan terlihat biasa saja, sampai kemudian diangkat oleh Sun Wukong. Tingginya mencapai 20 kaki dan lebarnya seukuran tong. Karena terlalu besar dan tinggi, Sun Wukong pun berkata seandainya benda tersebut lebih kecil sedikit agar lebih mudah digunakan. Dan ternyata, pilar itu mendengarnya dan mengecilkan diri menjadi tongkat setinggi tubuh Sun Wu Kong. Disinilah Sun Wukong baru mengetahui di kedua ujung tongkat terdapat cincin emas dan di sepanjang tongkat tertulis "Tongkat Cincin Emas Penurut". Tongkat tersebut bisa mengecil dan membesar sesuai keinginan Sun Wukong, juga bisa menggandakan diri, dan beratnya mencapai 7,960 kg. Sudah pasti hanya Sun Wukong yang bisa menggunakannya.

Catatan: Sun Wukong adalah tokoh rekaan dalam novel Journey to The West yang dibuat pada abad ke-16 pada zaman Dinasti Ming. Novel tersebut menjadi salah satu dari Empat Novel Sastra Cina Terbaik, yang menceritakan perjalanan Biksu Tang dalam mengambil sutra (kitab suci) Budha dari India, ditemani oleh 3 pembantu yang bertemu dalam perjalanan dan bersedia ikut untuk menebus dosa-dosa mereka. Dinasti Ming mencatat kisah perjalanan tersebut dengan bumbu fantasi atau dongeng.




Nah, gimana? Apa ada senjata magis lain yang belum disebut di sini? Penfi membuat ini berdasarkan novel-novel fantasi yang sudah diterjemahkan dan tidak memasukkan pedang-pedang yang disebut dalam legenda seperti Excalibur, Kushinada, dan semacamnya. Senjata yang disebut di sini, murni merupakan rekaan penulisnya, meskipun terdapat referensi dari kisah-kisah legenda yang sudah ada.          

Komentar