12 Novel Terjemahan Bertema Vampire

Berikut adalah daftar novel tentang vampire yang mungkin kalian cari untuk dibaca. Vampire-vampire dalam buku ini merupakan fokus utama dalam plot ceritanya, bukan hanya sampingan. Dan merupakan buku-buku yang cukup modern. Perlu diingat, tidak semua buku vampire itu manis, jadi silahkan dipilih mana yang paling kalian sukai.



1. Vampire Academy

film feature
Sekumpulan anak remaja keturunan vampire yang bersekolah untuk melatih kemampuan supernatural mereka. Ya, di kisah ini, vampire bisa be-reproduksi dengan sesama vampire atau manusia, mereka bukan kaum undead. Jika kedua orangtuanya vampire maka besar kemungkinan anaknya pun vampire dan mereka punya kelas sosial sendiri yang dipimpin oleh seorang ratu. Jika salah satu dari orangtua adalah manusia, maka anak yang terlahir disebut dhampir. Dhampir terlahir tanpa rasa kebutuhan akan darah dan tanpa kemampuan supernatural. Tapi mereka punya bentuk fisik yang kuat sehingga dilatih untuk menjadi pengawal para vampire, kaum elitnya. Dhampir Rose dan Vampir Lisa berteman baik sejak kecil, dan Rose sudah bertekad untuk menjadi pengawal pribadi Lisa serta melindunginya dari para Strigoi, kaum vampire yang membunuh korbannya dengan brutal dan merupakan kaum undead. Ada beberapa konflik politik antara kaum vampire di sini dibumbui oleh kisah cinta, maklum, serial ini ditargetkan untuk pembaca dewasa-muda. Keseluruhan ada 6 buku, tapi hanya diterbitkan 4 di sini. Film adaptasinya sudah muncul tapi tidak mendapat sambutan baik.


2. Vampire Diaries

pcwallart
Salah satu serial yang ditargetkan untuk pembaca dewasa-muda lain dengan plot-plot bertipe sama. Satu gadis cantik jatuh cinta pada satu pria sulit yang memendam rahasia kelam tapi menolaknya dan ada satu pria lain yang menginginkan si gadis. Mereka semua bersekolah secara normal. Ditulis jauh sebelum The Twilight yang dikatakan memiliki plot serupa, Vampire Diaries menampilkan dinamika romansa antara remaja yang harus memilih antara masa depannya sebagai manusia biasa atau mengejar cinta yang berbahaya. Serial televisinya diminati banyak remaja.


3. Cirque Du Freak saga

vancekovaks
Semua dimulai ketika Darren dan sahabatnya Steve mengunjungi sirkus aneh di kotanya, meskipun sebenarnya mereka tidak mendapat undungan. Sejak saat itu, Darren mengetahui kenyataan bahwa salah satu pemain sulapnya adalah seorang vampire. Ia begitu ketakutan dan berharap tidak akan pergi ke sirkus itu lagi tetapi ia malah mencuri laba-laba besar milik si vampire. Semua mulai berubah ketika Steve curiga terhadap sesuatu yang disembunyikan Darren dan karena suatu sebab yang lumayan berbahaya membuat Darren memutuskan jadi vampire. Tapi prosesnya tidak cepat. Darren harus berlatih agar terbiasa dengan darah vampire di tubuhnya, meninggalkan keluarganya dan sekolahnya, juga sahabatnya yang terobsesi menjadi vampire. Alur kisah sangat cepat dan cukup membuat penasaran karena bukunya pun tipis-tipis. Ke-12 bukunya sudah diterjemahkan dan adaptasi filmnya sudah muncul juga tapi sambutannya buruk.


4. The Vampire Chronicles

tellwut
Serial ini adalah serial pertama tentang vampire yang menyebutkan adanya kemampuan supernatural yang berbeda-beda bagi tiap vampire. Serial ini menginspirasi banyak literasi modern tentang vampire termasuk Cirque du Freak, The Twilight, dan Vampire Academy. Yang sudah diterjemahkan di sini berjudul Interview with The Vampire dan The Queen of the Damned, keduanya ada dalam serial Vampire Chronicles dan bisa dibaca secara terpisah. Keduanya juga sudah diadaptasi ke layar lebar dan mendapat sambutan baik. Dalam Interview with the Vampire, dikisahkan seorang putra tuan tanah bernama Louis yang dipaksa menjadi vampire untuk menemani Lestat, vampire berusia tua tapi tampan yang kesepian. Kisah Louis yang telah hidup ratusan tahun dituangkan dalam sebuah wawancara di dunia modern kepada seorang wartawan dengan maksud agar tidak ada lagi yang menjadi seperti dirinya. Kehidupan Louis diceritakan dengan alur yang baik dan mempesona. Sedangkan dalam buku Queen of the Damned, vampire Lestate muncul lagi sebagai penyanyi rock dan Akasha sang ratu bangkit dari tidur abadinya. Akasha ingin mengubah semua umat manusia menjadi vampire atau memperbudak mereka. Kerumitan lain pun muncul dalam buku ini. Serial ini hanya boleh dibaca oleh pembaca dewasa ya.


5. The Historian

candidceillie
Lihat bukunya. Yup, bukunya memang setebal itu. Tidak ada versi softcover, hanya ada hardcover. Sampulnya cantik, kertasnya cantik, semua kemasannya keren punya. Isinya tentang penjelasan lengkap sejarah vampire dan ditulis dengan gaya mirip Dan Brown, mencari catatan-catatan kuno, artefak-artefak kuno, dan perjalanan langsung ke negeri-negeri yang diduga muncul sang vampire atau sang naga. Semua ditulis dengan detil dan riset mendalam. Dan kisah ini bermula dari seorang gadis muda yang ingin mencari ayahnya yang hilang, namun malah menemukan masa lalu kelam mengenai nasib ibunya. Suasana dalam buku mencekam karena ada pihak-pihak yang tidak ingin masa lalu sang naga diungkap. Buku ini dikembangkan langsung dari novel populer Dracula oleh Bram Stoker. Bahkan om Rick Riordan menyukai novel ini lho, jadi, bacalah kalau sanggup (tebel banget soalnya!)


6. The Strain Trilogy

dari serial tv trailer
Satu lagi serial tentang vampire atau dracula yang agak beda karena digabungkan antara kisah mistis dan teknologi. Juga karena di sini, kaum vampire tumbuh dengan pesat dan menguasai dunia, alhasil, tatanan dunia modern runtuh. Menyisakan para manusia yang kini menjadi budak vampire atau mereka yang berhasil bersembunyi. Satu kelompok yang berhasil bersembunyi tersebut adalah satu-satunya kelompok yang bisa menghancurkan kaum vampire dengan bantuan seorang kakek peneliti. Kakek ini sudah meramalkan kedatangan kaum vampire jauh sebelumnya dan dia sudah bersiap-siap. Konflik yang harus mereka hadapi harus ditambah ketika putra salah satu anggota kelompok pemberontak tersebut telah diambil oleh sang vampire. Dengan segala kesulitan dan kegalauan kelompok tersebut, mungkinkah mereka menyelamatkan dunia? Serial ini telah diadaptasi ke serial televisi berjudul The Strain.


7. Let the Right One In

dari movie poster
Buku ini adalah buku yang paling seram, serius, dan sadis, jadi tidak bisa dibaca oleh anak-anak atau Berbeda dari kisah vampire lain, dalam buku ini vampire yang diceritakan berwujud anak perempuan yang tampak lugu dan baik. Ceritanya pun tidak ada good versus bad, jadi hanya si vampire dan temannya anak manusia, mencoba hidup normal dan berteman. Tentu saja banyak yang dirahasiakan si vampire kecil ini. Rahasia yang berbahaya dan berdarah-darah. Didaulat sebagai novel vampire paling seram oleh rekan-rekan Penfi, buku ini sukses membuat Penfi penasaran. Sudah diadaptasi ke film oleh produser Swedia dan di-remake oleh Hollywood.


8. The Twilight Saga

teamwerepire
Siapa sih yang nggak tahu serial novel ini? Novel yang penuh kontroversi dengan jumlah fans seimbang dengan jumlah haters-nya (nebak aja sih :P). Ditargetkan untuk pembaca muda, tapi banyak emak-emak yang cinta juga dengan novel ini, The Twilight mempopulerkan kembali kisah cinta segitiga antara gadis manusia, vampire tampan, dan werewolf. Penuh dinamika masa remaja yang galau ditambah dengan sikap gentleman dari vampire yang terasa kuno jika dipraktekkan pada masa modern ini, Edward dan Bella sukses mendapat perhatian positif dari penikmat novel romantis. Dalam serial ini, kaum vampire juga memiliki kemampuan supernatural yang berbeda-beda. Mereka tetap penghisap darah, tapi keluarga Cullen memutuskan untuk menjadi vegetarian. Cobaan datang ketika kaum elite vampire mengetahui hubungan cinta Edward dan Bella yang terlarang. Akankah mereka sanggup menghadapi para tetua vampire?


9. Black Dagger Brotherhood

pinterest
Novel DEWASA lain yang terlarang untuk anak-anak. Black Dagger Brotherhood adalah nama kelompok rahasia kaum vampire yang mencoba hidup normal di antara manusia. Jabatan ketua diisi oleh satu-satunya vampire berdarah murni dan mereka ber-6 mencoba mempertahankan eksistensi mereka di dunia manusia meski ada kelompok rahasia lain yang bertekad menghancurkan para vampire, kaum pemburu. Masalah mereka bertambah ketika muncul seorang wanita yang tidak tahu kalau dirinya merupakan keturunan vampire dan ayahnya telah meninggal. Demi utang budi pada ayahnya, maka Wrath, sang pemimpin, mencoba melindungi putrinya tersebut. Bisa dibayangkan kelanjutannya? Beberapa bukunya sudah diterjemahkan di sini dan serinya masih panjang.


10. Broken Heart series

St. Phillip Eastwood Project
Namanya unik ya? Di sini baru diterjemahkan satu buku dengan judul Vampir Broken Heart. Ceritanya nggak rumit-rumit amat. Malah lucu dan manis, tapi takarannya untuk pembaca dewasa. Tokohnya adalah seorang ibu beranak satu yang baru saja bercerai lalu ketika sedang buang sampah pada malam hari, dia tewas. Yah, hampir. Sekarat deh. Nyawanya ditolong oleh pria bernama Patrick yang ternyata adalah vampire Irlandia dengan memberikan darahnya. Alhasil, Jessica pun harus menerima nasib menjadi vampire. Tak berhenti di situ, kota kecil mereka yang damai langsung ramai karena ada peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh vampire liar lain. Silahkan dibaca lebih lanjut jika butuh bacaan yang ringan dan senang dengan dialek Irlandia kental.


11. House of Night series

pure-potential
Zoey tadinya hanya gadis biasa yang memusingkan hal-hal remeh di kalangan remaja, seperti teman, pacar, sekolah. Lalu tiba-tiba saja dirinya ditandai dan dia pun digiring ke sekolah vampire untuk belajar cara-cara menjadi vampire. Seperti kisah vampire modern lain, vampire-vampire dalam serial ini juga memiliki kemampuan supernatural yang berbeda-beda, dan Zoey punya kemampuan yang benar-benar berbeda. Seiring waktu, nafsu akan darah dalam diri Zoey meningkat. Kisah vampire di sini dibalut dengan legenda kuno rakyat Indian yang menyebut kaum penghisap darah sebagai vampyre. Kehidupan barunya yang sudah rumit itu harus ditambah dengan kelompok elite yang menyebalkan si sekolah vampire dan sang pemimpin yang punya agenda sendiri. Bukunya sudah diterbitkan di sini beberapa saja. Total bukunya ada 12.


12. Blood of Eden series

blog emily reads everything
Serial vampire terbaru yang dikemas dalam dunia post-apocalypse. Kaum vampire menjadi tuan penguasa, menjadikan manusia sebagai bank darah dan menandai mereka sebagai pengikut jika ingin mendapatkan porsi makanan. Bagi yang tidak ditandai berarti manusia liar dan hanya bisa mengais sisa-sisa makanan di tempt sampah atau mencuri. Vampire di sini juga dianggap sebagai penyakit bukan karena sebab-sebab supernatural. Jadi ketika Allie, tokoh utamanya, terusir dari kota dan kelompok pencurinya, dia menemukan ada kelompok lain yang sedang mencari penyembuh untuk virus vampire yang menghapus sejarah umat manusia. Setting dunia distopia ini tentu menarik diikuti. Buku pertamanya baru saja diterbitkan di sini dengan judul The Immortal Rules.






Komentar

  1. Infonya menarik. Bisa jadi referensi bagi penggemar cerita vampir.
    Good job :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you, Boleh disebutkan rekomendasi buku juga.... :)

      Hapus
  2. Karangannya Jeanine Frost, itu menarik bgt. Sama novel vampir yg rada ada unsur komedi karangannya Kerrelyn Sparks - Love at Stakes Series, tp sayang baru terbit bbrp doang n blm berlanjut krn penerbitnya gulung tikar, pdhl bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah Penfi rasanya pernah liat yang Sparks punya. Memang banyak ya serial buku tentang vampir ^^

      Hapus
  3. http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/usai-diarak-telanjang-ini-yang-terjadi.html
    http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/kronologi-pembunuhan-pria-dalam-karung.html
    http://semuaceritavipdomino.blogspot.com/2017/11/25-orang-terluka-akibat-insiden.html


    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus

Posting Komentar