10 Novel Fantasi Terjemahan Wajib Baca Menurut Penfi

Apa kalian tahu berapa banyak novel fantasi yang sudah diterjemahkan di Indonesia? Buanyak. Ulang, BUANYAK. Dari sekian banyak novel-novel fantasi tersebut, Penfi sengaja bertanya pada para anggota Guild Dreamland, salah satu guild ajaib dalam kerajaan PNFI, novel-novel terjemahan apa saja yang menurut mereka wajib dibaca oleh seluruh rakyat PNFI. Tentu saja, tiap orang memiliki daftar novel favorit masing-masing, terlepas dari bagus atau tidaknya novel tersebut, toh rating dan review itu subjektif kan? ;) Jadi inilah daftar 10 novel yang wajib dibaca jika kamu adalah penggemar novel fantasi. 

1. The Lord of the Ring


Nggak bisa disangkal, ketenaran novel ini akan terus bergema sepanjang masa. Digadang-gadang sebagai salah satu novel fantasi terbaik di dunia, LOTR menginspirasi banyak penulis fantasi, sebut saja Terry Brooks' The Shannara Trilogy, Robert Jordan's The Wheel of Time, George R.R. Martin's A Song of Ice and Fire, dll. Dengan menciptakan bahasa Elvish dan makhluk fantasi baru seperti Orc dan The Hobbit, karya opa Tolkien kini menjadi standar genre high fantasy. Komunitas penggemar LOTR di Indonesia bisa ditemukan di Twitter @Eorlingas_ID


 2. Harry Potter Series

http://djakyoshawott.deviantart.com/art/Hogwarts-crest-2-337191775
Siapa sih yang nggak cinta Harry Potter dan seluruh Wizarding World-nya? Ehm, mungkin ada aja kali ya, tapi bagi para penggemar novel fantasi, pastinya seri ini adalah salah satu serial wajib yang kudu dibaca selain Lord of the Ring. Meski buku dan filmnya telah selesai, petualangan Harry dan teman-temannya terus menarik hati para penggemarnya dan tentu saja menarik perhatian para pembaca baru. Apalagi karena mama Jo (sebutan untuk penulis J.K. Rowling) terus memberikan trivia-trivia baru lewat akun resminya Pottermore. Komunitas Harry Potter di Indonesia bisa ditemukan di Twitter @IndoHarryPotter dan page FB HarryPotterIndo

3. Bartimaeus Trilogy

http://www.fanpop.com/clubs/bartimaeus-trilogy/images/37950572/title/ptolemys-gate-fanart
Novel karya Jonathan Stroud ini memang tidak bisa dikesampingkan. Novel ini telah melambungkan namanya dan sukses mendapat hati dari para pembaca novel fantasi di seluruh dunia. Berkisah tentang murid penyihir bernama Nathaniel di dunia alternatif negara Inggris, yang memiliki bakat hingga mampu memanggil jin tingkat tinggi maha super, Bartimaeus. Berbeda dengan Harry Potter, suasana di dalam novel ini cenderung gelap dan tokoh Nathaniel dibuat berbeda dari stereotip heroes. Novel Stroud lain telah diterjemahkan seperti The Last Siege, The Leap, Heroes of the Valley, dan yang paling baru, seri Lockwood & Co. Sehingga para penggemarnya berinisiatif membuat komunitas Stroudians Indonesia di Twitter @StroudINA  dan page Facebook @stroudina.

4. A Song of Ice and Fire Series

http://ertacaltinoz.deviantart.com/art/A-Song-of-Ice-and-Fire-571039934
Winter is coming. Adalah sebuah peringatan yang terus diucapkan baik di novel maupun di serial TV-nya. Bukan tanpa sebab, karena musim dingin dalam dunia ASoIaF teramat panjang dan bersamaan dengan musim dingin, datang pula bencana berupa zombie dan pemimpin mereka yang disebut The White Walker. Selain masalah ini, dunia ASoIaF dipenuhi intrik politik yang dimainkan oleh para pemegang kekuasaan. Berbagai strategi dijalankan untuk merebut Tahta yang menguasai 7 kerajaan di Westeros. Serial ini tentunya menjadi serial wajib baca bagi para penggemar novel fantasi karena om Martin sangat piawai memainkan emosi para pembaca dengan tokoh-tokohnya yang tidak bisa ditebak. Buku dan serial TV-nya masih belum berakhir, jadi kalian masih bisa mengejar ketinggalan supaya bisa ikut ngobrol bareng di komunitas @WesterosID dan page FB @gameofthronesindonesia

5. Fablehaven Series

http://www.deviantart.com/art/Ilustations-for-Fablehaven-III-244367466
Suaka bagi makhluk mistis yang ada dalam legenda atau mitos? Fablehaven namanya. Karya Brandon Mull satu ini sangat cocok bagi penggemar novel fantasi yang menyukai makhluk-makhluk dalam mitos seperti satyr, peri-peri, penyihir, dll. Kisahnya berawal pada kedatangan Kendra dan Seth di rumah kakek-neneknya untuk berlibur. Awalnya mereka tidak tahu apa-apa tentang dunia Fablehaven, sampai kakeknya menyiapkan serangkaian teka-teki untuk dipecahkan. Setelahnya, Kendra dan Seth pun terlibat dalam berbagai peristiwa berbahaya melawan kuasa jahat. Hubungan persaudaraan Kendra dan Seth menjadi perhatian utama dalam novel ini. Berkat novel ini pula, nama Brandon Mull melejit dalam kancah dunia fantasi Indonesia, sehingga buku-bukunya yang lain seperti The Beyonders Trilogy dan The Five Kingdoms diterjemahkan. Sayangnya, belum ada komunitas Mull di Indonesia. Ngomong-ngomong, ada buku panduan Fablehaven ber-ilustrasi keren lho, kira-kira bakal diterbitkan di sini nggak ya?

6. Percy Jackson and the Olympians (dan kroni-kroninya)

https://id.pinterest.com/pin/413346072021543622/
What to say more about this series? Makhluk mitos? Check. Dewa-dewi? Check. Karakter-karakter adorable, tamvan nan unyu? Check. Kalau kalian suka mitos Yunani, Romawi, Mesir, dan Norse, ada baiknya kalian membeli setiap buku yang ditulis oleh Rick Riordan. Semuanya sudah diterjemahkan kecuali Magnus Chase yang lagi on-going dan Apollo-chan yang versi Inggrisnya baru aja nongol. Di Indonesia, pastinya hampir nggak ada pembaca yang nggak kenal Percy Jackson, meskipun filmnya sendiri bisa dibilang gagal, bukunya tetap okeh diikuti. Komunitas Percy Jackson di Indonesia bisa ditemukan di Twitter @CHB_Indonesia 



7. The Child Thief

http://www.bromart.com/childthief.html
Not your typical fantasy, The Child Thief mungkin tidak cocok dibaca anak-anak karena unsur kekelamannya dan hal lainnya. Bukunya tebal astajim! Tapi menurut para penggemarnya, isi buku ini sangat indah (meskipun gelap) and deep. Brom juga menambahkan beberapa ilustrasi yang digambarnya sendiri dalam buku ini. Kisahnya sendiri adalah mengenai legenda Peter Pan yang dibuat dalam sudut pandang berbeda, dan lebih menggali karakter Peter itu sendiri. Sayangnya, belum banyak yang tahu tentang Brom dan karya-karyanya yang mengambil tema horor. Semoga saja daftar ini bisa membantu kalian, jika kalian mencari novel yang beda dan cetar.

8. Elantris

http://brandonothology.tumblr.com/post/139964048987/talns-scar-cosmere-names-4
Termasuk salah satu novel fantasi yang underrated di Indonesia, Elantris pun masuk dalam daftar buku yang wajib dibaca jika kalian adalah penggemar novel fantasi. Merupakan stand alone novel yang diterjemahkan dengan apik, latar belakang dunia Elantris adalah kerajaan yang memiliki berkah sihir luar biasa, dimana sihir ini bekerja untuk kemajuan negeri. Sihir ini mampu mengubah fisik seseorang. Tapi karena suatu hal, sihir ini 'rusak' dan bagi orang yang mendapat berkahnya kini dianggap kutukan. Kisah pun berawal ketika sang pangeran mendapat 'kutukan' ini dan harus diasingkan. Peristiwa sosial yang berhubungan dengan kutukan, berikut intrik politik dan berbagai isu agama yang dianut warga Elantris, terasa begitu dekat dengan dunia nyata sehingga kalian tidak akan kesulitan mengikutinya. Ah, kecuali sihirnya yang unik itu. Kesukseksan novel ini, membuat salah satu penerbit telah menerjemahkan buku Brandon Sanderson yang lain, yang patut dibaca pula yaitu Steelheart. Terutama jika kalian menyukai genre fiksi ilmiah.

9. The Secret of the Immortal Nicholas Flamel Series

http://www.deviantart.com/art/Secrets-of-the-Immortal-Update-1-Alternate-346736881
Kalian tidak akan mau melewatkan yang satu ini. Michael Scott telah berhasil mencampur mitos-mitos dari berbagai daerah dan zana lalu menyatukannya dalam kisah epik ini. Ini adalah buku wajib jika kalian menyukai Percy Jackson series. Kisahnya seputar saudara kembar Sophie dan Josh Newman yang didaulat menjadi anak dalam ramalan kuno. Dengan bantuan para kaum abadi, si kembar akan menghadapi ujian dan tantangan dalam menghadapi makhluk kuno yang berniat mengambil alih dunia. Karena ini adalah satu-satunya seri yang diterjemahkan, belum ada komunitas di Indonesia. Bahkan, sepertinya buku ini belum banyak diketahui. Jadi, coba saja cari dan buruan baca!

10. Artemis Fowl series


Akhirnya, salah satu serial fantasi lain yang 'beda'. Artemis Fowl adalah bocah jenius dan kaya yang awalnya ingin mencari ayahnya yang hilang dan menemukan adanya dunia peri tak jauh dari rumahnya. Ditemani oleh butler-nya yang eks militer ala Jason Bourne, Fowl bertekad menguak dunia peri ini lebih lanjut dan pembaca akan mengikuti perkembangan kepribadian Fowl sejak ia masih bocah sombong hingga menjadi remaja matang. Kalian juga akan segera mengetahui bahwa para peri-lah yang menciptakan berbagai teknologi dunia. Menurut rumor, Artemis Fowl akan diadaptasi ke layar lebar. Di Indonesia sendiri sudah diterbitkan 5 buku dan sudah sangat langka. Jadi, menurut Penfi dan beberapa anggota guild Dreamland, seri ini memang pantas masuk daftar buku wajib. 


Sebenarnya masih ada banyak novel fantasi 'wajib baca' lainnya. Mungkin kalian juga bisa menambahkan :) See ya! 

Komentar

  1. Buat saran novel yg standalone dong min

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap, kak! BTW di atas ada 2 novel yang stand alone: Elantris dan The Child Thief.

      Hapus

Posting Komentar