Rabu, 31 Oktober 2018

[RIP] Jin Yong




Hai rekan-rekan penggemar kisah fantasi, kali ini Penfi akan mengajak semuanya untuk menilik profil Jin Yong, penulis karya fantasi genre wuxia (武侠 - martial heroes) yang berpulang pada 30 Oktober 2018 lalu di usia 94 tahun karena sakit berkepanjangan.

Jin Yong (金庸) yang memiliki nama asli Louis Cha (查良), adalah seorang penulis terkenal asal Hong Kong. Beliaulah penulis legendaris di balik karya fenomenal seperti Pendekar Hina Kelana, Pedang Ular Emas, dan trilogi Pemanah Rajawali. Yakin deh, pasti generasi Indonesia era 80-an dan 90-an pernah nonton atau baca karya Jin Yong.




Jin Yong menjadi salah seorang penulis genre wuxia terpopuler sepanjang masa yang karyanya terjual lebih dari 100 juta salinan di seluruh dunia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Bahkan karya-karyanya sudah diadaptasi ke berbagai media seperti film, serial televisi, komik, hingga gim video. Jin Yong, bersama Liang Yusheng (梁羽生) dan Gu Long () disebut sebagai Three Musketeers of Chinese Wuxia Literature (中国武侠小).

Ada 15 fiksi yang ditulis Jin Yong semasa hidup. Sebagian besar tulisannya diterbitkan di koran sebelum dijilid menjadi buku. Kelima belas fiksi itu adalah:


Terjemahan paling baru dari buku Jin Yong dalam bahasa Indonesia adalah trilogi Pemanah Rajawali yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama antara tahun 2014-2017. Trilogi tersebut terdiri dari Pendekar Pemanah Rajawali, Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar, serta Golok Naga dan Pedang Langit yang masing-masing terdiri dari empat jilid, sehingga ada total 12 jilid untuk trilogi tersebut.


Pendekar Pemanah Rajawali

Rajawali Sakti dan Pasangan Pendekar

Golok Naga dan Pedang Langit


Wah, cukup banyak ya karya beliau. Nah, ada yang tertarik untuk mulai membaca dan mengoleksinya ? Sampul bukunya ciamik lho, dan kisah-kisah legendaris ini sepertinya tak lekang oleh waktu meskipun penulisnya telah tiada. Terima kasih Jin Yong atas sumbangsihnya, tentunya memperkaya khasanah kisah fantasi di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar