[Author of April 2015] [Terry Pratchett]


Terence David John Pratchett adalah seorang penulis genre fantasy yang berasal dari Inggris. Ia juga menulis beberapa novel fiksi ilmiah dan buku anak-anak. Pratchett lahir pada tanggal 28 April 1948 di Beaconsfield, Buckinghamshire dan baru saja meninggalkan kita pada tanggal 12 Maret 2015. Delapan tahun sejak beliau didiagnosa penyakit Alzheimer. Awalnya beliau bercita-cita menjadi seorang astronom, tetapi karena gagal dalam uji kelayakan matematika, ia pun beralih ke jurnalisme. Tapi ketertarikannya pada astronomi tetap ada dan itu membuatnya membaca novel-novel fiksi ilmiah dari berbagai penulis dunia. Ia mengaku terinspirasi dari penulis H.G. Wells dan Sir Arthur Conan Doyle. Dunia jurnalistik membuka pintu literatur untuknya dan ilmu astronomi yang disukainya itu. Ia menerbitkan banyak cerpen di koran Bucks Free Press dengan nama samaran 'Uncle Jim'. Akan tetapi usaha pertamanya untuk menjadi penulis adalah ketika ia bertemu dengan direktur sebuah penerbit di tahun 1971 dan menerbitkan buku berjudul "The Carpet People". Buku-buku berikutnya pun terbit di tahun 1976 'The Dark Side of The Sun' dan 'Strata' di tahun 1981 yang merupakan buku fiksi ilimah.

                                  

Terry Pratchett terkenal dengan novel serinya yang panjang 'Discworld' dan terhitung sudah ada 40 seri yang terbit. Seri ini bergenre humor fantasi yang menceritakan tentang sebuah dunia berbentuk disc (bulat dan datar) dan ditopang oleh 4 gajah-gajah besar di atas sebuah kura-kura terbang melintasi luar angkasa. Seri pertamanya berjudul 'The Colour of Magic' diterbitkan pertama kali pada tahun 1983. Di tahun 1987, ia berhenti dari pekerjaannya untuk mengerjakan buku-buku Discworld.





Menurut survei yang dilakukan oleh Bookseller's Pocket Yearbook 2005, Pratchett menempati urutan kedua dalam hal penjualan buku terbanyak setelah J.K. Rowling. Serial Discworldnya terjual lebih dari 40 juta kopi di seluruh dunia. Diterjemahkan dalam 36 bahasa yang berbeda, buku-bukunya terjual lebih dari 60 juta kopi. Di Amerika Serikat, ia menempati urutan ketujuh sebagai penulis asing yang buku-bukunya paling banyak dibaca. Beliau dianugrahi gelar "Officer of the Order of British Empire" atas jasa-jasanya dalam dunia literasi, yang kemudian naik pangkat menjadi seorang Knight pada tahun 2008 dan diberi gelar 'Sir'. Ia bahkan membuat pedang untuk merayakan gelar barunya itu. Ia memiliki 9 gelar akademis Doktor di 9 universitas berbeda, dan buku-bukunya selalu mendapat banyak penghargaan, diantaranya adalah British Science Fiction Award di tahun 1989 untuk novelnya 'Pyramid', Locus Award for Best Young Adult Book di tahun 2004, 2005, dan 2007, Locus Award for Best Fantasy Novel di tahun 2008 untuk buku 'Making Money', Fantasy and Science Fiction Author of The Year tahun 1994 dalam ajang British Book Awards, dan di tahun 2001 mendapatkan Carnage Medal dari kelompok pustakawan British atas buku 'The Amazing Maurice and His Educated Rodents' sebagai buku anak-anak terbaik.

                    


Sir Pratchett memiliki seorang putri bernama Rhianna yang juga bekerja sebagai jurnalis dan penulis video game. Kabarnya, sang ayah telah menyerahkan kepengurusan Discworld series ke tangan putrinya, namun Rhianna menegaskan bahwa ia tidak akan meneruskan seri tersebut karena tidak ingin mengkontaminasinya dari pihak manapun. Terakhir, Pratchett dikabarkan telah menyelesaikan bagian terakhir dari seri Discworld, 'The Sheperd's Crown', dibantu oleh asistennya Rob Wilkins yang telah bersamanya sejak Pratchett divonis Alzheimer di tahun 2008.

"AT LAST, SIR TERRY, WE MUST WALK TOGETHER. Terry took Death's arm and followed him through the doors and on to the black desert under the endless night. The End." - tweet terakhir dari akun @terryandrob.

------------

Kalian bisa mengunjungi websitenya di www.terrypratchettbooks.com untuk mengetahui lebih banyak mengenai buku-bukunya. Atau ke akun goodreadsnya : https://www.goodreads.com/series/list?id=1654.Terry_Pratchett


  • Seri Discworld
          Dengan total ada 41 buku, serial ini terkenal dengan tokoh Death atau The Reaper yang sarkastis dan sinis. Binatang favorit Sir Pratchett adalah Orang Utan yang juga dijadikan salah satu karakter di serial ini. Discworld awalnya adalah sebuah buku parodi dari novel Ringworld yang terbit tahun 1970, namun akhirnya melejit sukses. Di Indonesia, buku Discworld baru terbit 5 ; The Colour of Magic, The Light Fantastic, Equal Rites, lalu lompat ke The Wee Free Man (Pria Cilik Merdeka) dan A Hatful of Sky (Topi Selebar Langit).






  • Seri The Long Earth kolaborasi dengan Stephen Baxter:
  •    Serial Science Fiction mengenai multiple universes yang bisa dikunjungi dan konflik-konfliknya. Buku keempatnya 'The Long Utopia' baru akan terbit pertengahan Juni 2015 nanti. Rencananya buku ini akan diselesaikan di seri kelimanya.



    • Seri Bromeliad Trilogy:
              Mengenai sebuah dunia dimana terdapat orang-orang berukuran mini, atau liliput, yang tersembunyi dari dunia manusia. Nama lain seri ini adalah The Nome Trilogy, Nome adalah nama spesies makhluk mini itu. Buku ini merupakan buku anak-anak.


    •  Seri Johnny Maxwell Trilogy:
               Mengenai seorang bocah berumur 12 tahun dengan latar belakang dunia yang sama dengan Bromeliad Trilogy, Johnny Maxwell merupakan seorang anak yang bisa melihat sesuatu yang tak bisa dilihat orang lain: Alien, hantu, dan wanita pelintas waktu.

                         


    • Seri Dodger:
              Seri ini baru terbit dua, menceritakan tentang pencuri kecil bernama Dodger yang dalam petualangannya bertemu Charles Dickens dan Sweeny Todd. 

         

    • Buku lainnya:
    Merupakan Young Adult Novel di dunia seorang anak lelaki bertahan hidup setelah kiamat.

    Merupakan novel Satire ketika seorang anak keturunan Iblis ditakdirkan untuk menghancurkan dunia dan seorang malaikat dan rekannya seorang iblis terlibat dalam tugas yang tidak mereka inginkan.





    Komentar