9 Novel Distopia YA Terjemahan Rekomendasi

Dalam literasi, novel yang mengambil tema distopia berarti kamu akan menemukan sebuah dunia yang sistem sosialnya buruk, mengekang, dan seringkali futuristik. Para penulis mengambil isu sosial di dunia nyata untuk memperingatkan pembaca bahwa jika isu ini terus dikembangkan akan menghasilkan dunia yang menakutkan. Sebuah dunia di masa depan yang lingkungan sosial tidak bebas, dan ilusi atas kehidupan bermasyarakat yang sempurna ini biasanya diatur oleh perusahaan, birokrasi pemerintah, teknologi, moral, atau kontrol totaliter (kekuasaan ada pada satu orang). Dengan kata lain novel distopia dibuat untuk mengkritik tren masa kini, norma-norma sosial, dan sistem politik, dengan menonjolkan skenario terburuknya. Maka, inilah daftar novel distopia YA yang wajib kamu baca menurut Penfi:


1. The Hunger Games Trilogy

Movie Logo
The Hunger Games mengambil tempat di sebuah negara bernama Panem yang lokasinya berada di Amerika Utara di masa depan. Negara tersebut terbagi dalam 12 distrik dengan penduduk dalam masing-masing distrik mengerjakan sesuatu yang spesifik untuk pemerintahan pusat. Ke-12 distrik ini hidup dalam kemiskinan dan ketidakadilan sementara pemerintah pusat yang disebut Capitol City hidup bergelimpangan kemewahan. Maka tak heran jika dalam beberapa kurun waktu, orang-orang dari ke-12 distrik ini memberontak. Pemberontakan terakhir berhasil diredam oleh Capitol City dan agar tidak ada lagi pemberontakan serupa, Capitol City mengadakan sebuah game yang wajib diikuti oleh warga di 12 distrik. Permainan ini disebut The Hunger Games dimana akan diambil 2 peserta usia 12-18 tahun dari masing-masing distrik melalui undian dan mereka akan dibawa ke dalam suatu arena untuk saling membunuh. Pemenangnya adalah orang yang berhasil selamat hingga akhir. Capitol City percaya game ini dapat menjadi peringatan bagi warga Panem lagi agar tidak memberontak lagi. Dan memang betul, untuk beberapa lama, tidak ada pemberontakan dan masing-masing distrik malah saling berkompetisi untuk memenangkan permainan tersebut, karena Capitol City akan memberikan beberapa kemudahan bagi distrik tempat peserta yang menang. Intinya membuat warganya sendiri saling bersaing sehingga tidak ada perasaan solidaritas. Tetapi semuanya berubah ketika Katnis dari distrik yang termiskin menggantikan adiknya sebagai peserta The Hunger Games. Badai akan segera datang ke Capitol City. 

Ketika buku ini pertama kali muncul, temanya yang unik dengan cepat diterima oleh pembaca di Amerika dan bukunya terjual puluhan jutaan kopi hingga ke seluruh dunia. Adaptasi filmnya pun dengan segera dibuat dan sama-sama mendulang sukses. Kamu juga bisa gabung dalam komunitas @IndoHungerGames di Twitter. 


2. Unwind Dystology

https://hannahrosen.files.wordpress.com/2013/09/unwind4.jpg
Unwind mengangkat isu Aborsi yang menjadi penyebab perang sipil kedua di Amerika Serikat, antara pro-life dan pro-choice (asal tahu saja, keduanya berlawanan secara sengit dan kaum pro-life cenderung anarkis). Isu ini masih belum selesai di sana sehingga Neal menulis tentang 'penyelesaian' yang bisa diterima kedua belah pihak. Yaitu dengan Unwind, atau bahasa indonesianya, Pemisahan Raga, alias, transplatasi tubuh 100%. Dalam dunia Unwind, aborsi dilarang, tetapi solusi lainnya jika tidak menginginkan anak yang dilahirkan tersebut adalah dengan mengirim mereka ke 'Perkemahan' jika sudah menginjak usia antara 13-18 tahun. Seluruh organ tubuh mereka mulai dari kaki, sampai otak, akan 'dipisah-pisah' lalu ditranplantasikan ke tubuh anak lain yang lebih membutuhkan, seperti misalnya anak-anak berbakat atau anak dari keluarga kaya. Sebagai tambahan, bagi orang tua yang tidak bisa menunggu hingga anak mereka berumur 13 tahun, bisa menyerahkannya pada orang lain secara diam-diam dengan meletakkan anak mereka di depan pintu rumah tanpa terlihat. Anak itu akan menjadi tanggung-jawab keluarga baru mereka sampai mereka memutuskan apakah akan menyerahkannya ke 'perkemahan' atau tidak. Kisahnya akan berpusat pada 3 anak bernama Connor, Lev, dan Risa, yang dikirim ke 'perkemahan' ini. Dan bagaimana mereka melawan. 

Unwind mendapat tanggapan positif dari para kritikus karena isu yang diangkat Neal. Kabarnya, serial ini juga akan diangkat ke layar lebar dengan Neal sendiri sebagai salah satu penulis naskahnya.


3. Legend Trilogy

https://www.etsy.com/listing/167094610/legend-trilogy-book-necklace?ref=related-0
Serial satu ini juga banyak mendapat tanggapan positif dari para penggemar novel distopia. Berkisah tentang negara Amerika yang kini berbentuk Republik karena perang saudara dan masih mendapat perlawanan dari 2 grup militan, Koloni dan Patriot. Seperti dalam dunia distopia lain, pemerintahan negara tersebut berat sebelah, hanya menguntungkan kelompok elit yang dekat dengan pemerintah tapi memperlakukan warga lain dengan semena-mena, misalnya tidak mendapat hak kesehatan dan pendidikan yang layak. Mungkin ini terdengar biasa karena bukankah demikian yang terjadi di dunia nyata kita? Nah tapi di sana ketimpangannya sangat jelas terasa, juga terdapat wabah penyakit yang akan mengambil nyawa penderitanya dalam waktu sekejap. Warga yang terkekang tentu saja tidak bisa mendapat pengobatan. Karena itulah ketika adiknya terjangkit penyakit ini, Day, seorang remaja berusia 15 tahun, bertekad untuk mendapat pengobatan tersebut. Kira-kira begitulah yang mengawali kisah dalam buku dan nantinya akan semakin mengobarkan semangat pemberontakan dalam kubu Koloni dan Patriot terhadap Republik. Petunjuk lain: banyak kisah romance di sini antara Day dan June, gadis jenius yang direkrut Republic menjadi salah satu tentara khusus mereka dan yang diperintahkan untuk menangkap Day. 

Menurut kabar, hak perfilman serial ini telah dibeli dan sudah ada grafik novelnya. 


4. The Maze Runner Trilogy

Movie Poster
Sekumpulan remaja putra berumur 15-18 tahun terkurung dalam sebuah labirin raksasa dimana mereka harus menyesuaikan diri hidup seadanya dengan bahan pangan yang terbatas. Mereka tidak ingat identitas diri sebelumnya, semua bentuk kenangan dihapus, dan tidak ada jalan keluar karena labirin tersebut hanya terbuka pada jam-jam tertentu dan dinding-dindingnya bergerak. Semua berubah ketika Thomas, remaja yang baru dikirim ke dalam labirin memiliki sepenggal ingatan. Lalu tak berapa lama kemudian, seorang remaja putri juga tiba dan dia mengenal Thomas, itu mengubah segalanya karena (1) tidak pernah ada remaja putri yang dikirim, (2) gadis itu masih menyimpan secuil ingatan. Kedua perbedaan ini membuat yang lain gelisah dan menganggap mereka berbahaya. Tapi itu juga telah memicu sesuatu sehingga mereka memutuskan untuk lari dari labirin dan hanya Thomas yang tahu caranya. Serial ini mengangkat dunia di masa depan ketika alam berubah buruk ketika semburan radiasi dari matahari menyerang bumi, mengubahnya menjadi dunia yang keras dan mengubah manusia-manusianya juga. Apakah mereka bisa hidup tenang dengan semua kesulitan tersebut?

Serial ini diterima dengan sangat baik sehingga diadaptasi ke layar lebar. Para penggemarnya masih menunggu film ketiga untuk ditayangkan. Jangan lupa gabung ke komunitasnya ya, di @TheMazeRunnerID .


5. Divergent Trilogy 

by xsavannahxx
Okeh, serial yang ini banyak menimbulkan perdebatan di antara pembaca, ada yang suka banget, ada yang bete banget (hahaha). Tapi itu nggak mengurangi kenyataan kalo bukunya laris manis di pasar perbukuan Indonesia hingga telah dicetak ulang. Sudah pula diadaptasi jadi film tapi sambutannya kurang baik walau banyak penikmatnya yang berpendapat filmnya lebih bagus dari bukunya. Aneh kan? Penasaran? 

Dunia dalam Divergent hanyalah sebuah kota kecil yang dikelilingi dinding. Di suatu masa terjadi perang di Amerika (lagi) sehingga dunia hancur dan hanya menyisakan kota Chicago ini. Sisa-sisa kehancuran akibat perang pun masih terlihat di dalam kota. Untuk keteraturan kota, semua penduduknya dibagi dalam 5 faksi dan tidak ada satupun dari mereka yang diizinkan keluar dari dinding. Kelima faksi ini dipilih berdasarkan hasil simulasi kepribadian yang dilakukan tiap orang ketika umur mereka mencapai 16 tahun. Setelah memilih faksi, mereka akan hidup dalam komunitas faksi tersebut dan berkontribusi demi kepentingan populasi warga. Mirip seperti Topi Seleksi-nya Harry Potter. Kelima faksi tersebut akan menjadi keluarga baru mereka, dan hanya diperbolehkan menikah dengan sesama faksi. Dari ke-5 faksi tersebut, sebenarnya ada 2 faksi lain yang tidak dianggap ada, yaitu Factionless dan Divergent. Tapi hanya Factionless saja yang masih dibiarkan hidup meski tidak akan mendapat pasokan makanan atau keuntungan-keuntungan lain. Sedangkan bagi para Divergent, nasib mereka lebih berbahaya. Nah semua kekacauan dimulai sejak Beatrice mendapat giliran untuk simulasi tersebut, dan dia tidak termasuk ke dalam salah satu dari 5 faksi yang resmi. Beatrice juga punya ambisi yang tidak terpikirkan oleh warga lain, yaitu pergi melewati dinding. Bisakah dia?

Coba melipir ke @DivergentID supaya dapet info lebih lengkap tentang filmnya dan kumpul-kumpul bareng sesama Divergent.

6. Across the Universe Trilogy

by Grecian888
Across The Universe trilogy bisa dibilang menyajikan sesuatu yang berbeda untuk pasar distopia young adult di Indonesia, karena lokasinya berada di pesawat luar angkasa, dalam misi mendatangi planet baru dalam sistem solar yang baru pula. Butuh waktu 300 tahun perjalanan dari planet bumi ke planet baru ini, dan kebanyakan awaknya dibekukan dalam alat cryogenic. Sebagian kecil lain tetap bangun agar bisa mengawasi jalur pesawat. Di pesawat yang bernama Godspeed itu memiliki komunitas sendiri, sekitar 1000 orang melakukan pekerjaan seperti kesehatan, pertanian (dengan tanah yang dibawa dari bumi dan air daur ulang juga cahaya buatan). Tapi komunitas itu sendiri memiliki masalah. Sesuatu terjadi di masa lalu sehingga peraturan baru dibuat, hanya memperbolehkan satu orang pemimpin absolut dan pemimpin ini disebut Elder. Pada usia 16 tahun, Elder akan mulai belajar kepemimpinan di bawah Elder Lama. Lalu ada peraturan lain yang tidak memperbolehkan adanya perbedaan, sekecil apapun itu, mulai dari bentuk fisik, hingga sifat. Mereka yang 'berbeda' akan diberi label 'gila' dan tinggal terpisah dari yang lainnya. Juga ada ketaatan tak terbantahkan dari para penduduk Godspeed kepada pemimpin mereka. Semua itu agar tidak terjadi kekacauan seperti dulu, yang mengakibatkan hilangnya separuh populasi. Dan semua keteraturan ini mulai terancam ketika salah satu mesin beku terjadi malfungsi sehingga seorang gadis terbangun dari tidur panjangnya. Celakanya, gadis itu sangat mencolok dengan perbedaan-perbedaan yang dilarang. Rambutnya merah, kulitnya putih, matanya biru, sedangkan penduduk Godspeed berkulit coklat dan berambut hitam. Keresahan pun menyebar. Apalagi mereka belum tiba di planet tujuan. Ancaman kerusuhan sudah mengintip dari pandangan penduduk Godspeed terhadap setitik perbedaan tersebut. Berbagai misteri pun mulai terungkap ketika Amy, si gadis baru itu, menyadari keanehan-keanehan lain. Bahwa tidak ada satupun manusia yang bisa se'teratur' dan se'patuh' itu. Ada sesuatu yang lain, sesuatu yang dipaksakan, dan sesuatu yang disembunyikan. Misi mereka ke planet baru pun menjadi semakin tidak jelas. Semoga ini bisa mengusik rasa penasaran kalian. Hehehehe.....   


7. The Darkest Mind Trilogy

Iceybooks
Suatu ketika sekitar 98% dari seluruh penduduk dunia terjangkit penyakit dan membunuh hampir semua anak-anak. Mereka yang selamat dari wabah diketahui memiliki kemampuan super yang dilarang oleh pemerintah. Mereka dianggap berbahaya dan dikirim ke kamp rehabilitasi untuk pemulihan. Katanyaaaa.... We all know that's not true. Tersebutlah seorang gadis bernama Ruby yang mulai terjangkit kelainan ini. Dia dikirim ke kamp tersebut dan di sana kemampuan supernya dikategorikan berdasarkan warna. Mulai dari Hijau, Biru, Kuning, Jingga, dan Merah. Ruby masuk dalam kategori Hijau, yang dianggap tidak berbahaya. Lalu suatu hari, Ruby mengalami gangguan statis yang hanya terjadi pada golongan Jingga dan Merah. Segera setelahnya, kelompok pemberontak menyerang kamp tersebut dan membebaskan Ruby. Kelompok ini terdiri dari remaja dan anak-anak dan mereka adalah anak-anak yang tidak sempat dimasukkan dalam kamp. Menyebut diri mereka Liga Anak-Anak, Ruby pun mulai melihat dunia dari sudut pandang berbeda. Seperti biasanya, berbagai misteri pun terungkap. Tidak seperti tokoh heroine lain dalam buku distopia yang sudah disebutkan, Ruby di sini memiliki kepercayaan diri yang rendah dan berusaha keras agar disukai orang lain. Jadi bagi yang tidak suka mungkin akan kesulitan. Keunikan dari serial ini adalah bagaimana penyakit tersebut telah mengakibatkan mutasi genetik sehingga anak-anak memiliki kemampuan seperti membaca pikiran, mengeluarkan api, menggerakkan benda dengan pikiran, dll. Sebuah era baru yang menjadi ancaman bagi tatanan pemerintahan kuno. Di Indonesia, serial ini sudah terbit 2 buku dan masih menunggu penuh harap agar buku ketiganya diterbitkan. :P


8. Silo Trilogy


Perang nuklir terjadi ratusan tahun yang lalu di dunia. Meninggalkan dunia gersang tanpa ada suatu apapun yang dapat hidup karena tingkat radiasi yang masih tinggi. Ratusan penyintas sempat dikirim untuk berlindung dari efek radiasi tersebut, ke mana? Ke dalam sebuah Silo, atau Lumbung. Sekitar 80% Lumbung terkubur pasir dan awan tebal menggantung di langit. Setelah beratus-ratus tahun, tidak ada yang ingat warna pohon, warna langit, atau warna hewan-hewan lain. Sistem dalam Lumbung dipimpin oleh seorang Walikota yang dipilih berdasarkan voting. Di bawahnya terdapat Sheriff yang bekerja untuk menjaga keamanan, walau peristiwa kejahatan sangat jarang terjadi. Lalu struktur Lumbung dibagi menjadi tenaga medis, tenaga pangan, tenaga informatika, dan yang paling bawah, tenaga mesin yang mengatur agar para penduduk Lumbung mendapatkan cahaya, oksigen, dan air, bahkan pembuangan limbah. Seperti dalam novel-novel lain, pemicu konflik dalam Lumbung yang rentan ini adalah salah seorang Sheriff yang gelisah setelah istrinya menawarkan diri untuk 'pembersihan'. Dalam novel ini, istilah tersebut berarti, seseorang bersedia keluar dalam pakaian pelindung ketat seperti yang digunakan astronot atau petugas kesehatan pencegahan-virus, untuk membersihkan kamera di luar Silo. Kamera tersebut selama ini telah menjadi 'mata' bagi penduduk Lumbung untuk memperlihatkan situasi di luar. Istri sang sheriff mengetahui suatu rahasia yang selama ini disembunyikan dan hal itu berbuntut panjang. Bagi yang menyukai cerita beralur cepat, mungkin buku ini akan terasa sangat lambat, tapi pengungkapan misteri-misteri tentang 'dunia luar' mampu membuat pembaca ternganga. Di Indonesia hanya terbit buku pertamanya, Wool.    


9. Uglies Trilogy

by closeyoureyes0329
Serial ini berlatar belakang di masa depan setelah dunia 'hampir-kiamat' akibat perang. Masyarakat dalam dunia ini terpisah antara pro-pemerintah dan anti-pemerintah. Bagi yang pro-pemerintah, orang-orangnya akan menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilan mereka menjadi 'Cantik'. Hal ini sudah dianggap biasa, sehingga Tally Youngblood, akan menjalaninya juga ketika usiaya menginjak 16 tahun. Semua orang melakukannya. Tapi keadaan berubah ketika sahabat karibnya bergabung ke kelompok anti-pemerintah yang disebut Smoke. Mereka adalah orang-orang yang tidak menjalani operasi kecantikan. Tally dipanggil oleh ilmuwan dalam pemerintahan dan memintanya untuk menyusup ke dalam kelompok pemberontak tersebut lalu memberitahu pemerintah rahasia-rahasia mereka. Sebagai gantinya, Tally akan diijinkan menjadi 'Cantik' seperti orang-orang lainnya. Ketika Tally berada dalam kelompok tersebut, ia mengetahui kebenaran tentang pemerintah, bahwa mereka tak hanya mengoperasi orang-orang menjadi 'Cantik' tapi ada tujuan lain. Apakah itu? Bisakah Tally mengkhianati sahabatnya sendiri? Apa yang akan dipilih Tally? Isu dalam novel ini sangatlah mirip dengan dunia nyata kita yang berlomba-lomba mengejar kecantikan sempurna. Lalu apakah gunanya itu? Bisakah novel ini menjelaskannya? Di sini ketiga bukunya sudah terbit dan mungkin sudah langka. Scott Westerfield menulis buku ke-4 berjudul Extra yang menceritakan kehidupan setelah kejadian dalam trilogi bukunya.




Genre distopia akhir-akhir ini sedang menanjak, meski tidak semuanya mendulang sukses. Karena dalam list ini hanya disebutkan untuk pembaca remaja, nanti akan Penfi berikan lagi novel distopia yang lebih serius, tanpa bumbu-bumbu roman dan hormon yang menggeliat. Adakah serial distopia remaja yang kalian sukai tapi tidak ada dalam daftar ini? Silahkan sebutkan!




Komentar