7 Novel Terjemahan Bertema Malaikat Rekomendasi Penfi

Beberapa orang suka Zombies, beberapa orang lain suka Hobbits, yang lainnya lagi suka Malaikat. Agak tricky sebenarnya memilih novel bertema malaikat, karena plot cerita biasanya hampir sama antara satu dan yang lainnya. Jadi, Penfi udah nanya pejabat berwenang, eh, bukan, maksudnya nanya ke orang-orang yang sudah baca dan mereka merekomendasikan novel-novel berikut ini:


1. The Mortal Instruments

Movie Poster
Serial yang berjumlah 6 buku tebal ini telah menghebohkan dunia per-malaikat-an di dunia karena berbagai rumor negatif yang muncul. Tapi itu tidak mengurangi kenyataan bahwa serial ini dicintai banyak pembaca sehingga muncul pula film layar lebarnya dan karena tidak memuaskan para fans, sekarang di-reboot dalam bentuk serial TV. The Mortal Instruments mengambil tema tentang para Nephilim yang hidup secara tersembunyi di tengah-tengah peradaban modern dan bertugas menjaga keseimbangan dunia supernatural. Jadi di dunia ini ada banyak vampire, werewolf, elf, warlock, dan makhluk ajaib lainnya, hanya saja mereka memakai glamour (sihir) sehingga manusia biasa tidak akan bisa melihat. Anehnya, Clary bisa melihat mereka. Segera sesudahnya ia pun terlibat dengan para Nephilim yang menyebut diri mereka sebagai Shadowhunter. Tentunya berbagai misteri pun terkuak dan kini Clary memiliki sebuah misi untuk menyelamatkan kedua dunia. Dan jika membicarakan para Nephilim, alias Keturunan Malaikat, nggak ada yang fisiknya *uhuk* jelek. Dan karena tokohnya rata-rata masih remaja, tentu saja *uhuk* hormon bertebaran. Di sini para Nephilim bisa menggunakan sihir dengan menorehkan tato berbentuk huruf Rune di kulit mereka. Selain itu, mereka juga punya banyak senjata keren. Serial ini telah dibuat prekuelnya berjumlah 3 buku dengan judul utama The Infernal Device dan sedang dibuat pula sekuelnya dengan judul utama The Dark Artifices. Di Indonesia, para shadowhunter ini bisa kalian follow di Twitter @TMIndo


2. Penryn & the End of Days Trilogy


What if the angels fall down to earth? Buku ini menunjukkan bahwa itu not good at all. Para malaikat dalam buku ini, tidaklah ramah, baik hati, panjang sabar, atau selugu upin-ipin. Mereka adalah makhluk yang luar biasa kuat, luar biasa indah, dan luar biasa kejam. Tiba-tiba saja para malaikat ini 'turun' dari langit lalu mulai menghancurkan peradaban manusia modern, kemudian memperbudak mereka. Itu semua terjadi hanya dalam beberapa minggu. Karena sistem sosial dunia jadi kacau balau, hukum rimba pun berjalan. Penryn, tokoh utama dalam kisah ini harus menghadapi kerasnya dunia baru sambil melindungi ibunya yang menderita schizophrenia dan adik perempuannya. Serasa itu belum cukup, nasib Penryn terjun bebas ketika adiknya diculik. Ia pun bertekad untuk menyelamatkan adiknya itu, meskipun tidak tahu caranya. Sampai ia bertemu Raffe, sang malaikat yang juga mendapat sial karena sepasang sayapnya dipotong. Berbagai kejadian seru pun dialami Penryn dan Raffe. Serial ini cukup populer di luar sana dan sudah diterjemahkan dua buku oleh penerbit Matahari. Kabarnya, Sam Raimi (sutradara Spiderman Trilogy) sudah membeli hak produksinya agar bisa diadaptasi dalam bentuk film. 


3. Daughter of Smoke and Bone Trilogy


"Once Upon A Time, An Angel and a Devil Fell in Love".
Kira-kira begitulah premis utama dari serial ini. Kisah dibuka di Praha dengan gadis berambut biru asli bernama Karou merasa kehidupannya serasa kosong meskipun dirinya berbakat melukis. Ia tidak begitu tahu jati dirinya sendiri, karena manusia biasa pastinya tidak menumbuhkan rambut berwarna biru kan? Lalu pada suatu hari dirinya melihat malaikat bernama Akiva. Sementara itu, di seluruh dunia, ada peristiwa mengkhawatirkan yang mengancam 'keluarga' Karou. Tanpa banyak mengeluarkan spoiler lagi, buku ini masuk daftar rekomendasi karena deskripsi cantik kota Praha dan plot berbeda tentang dunia Malaikat dan Iblis. Bener deh. Beda. Malaikat tidaklah sebaik yang kita pikir. Iblis, tidaklah seburuk yang kita tahu. Surga dan Neraka juga tidak seperti yang kita kira. Jadi, ada baiknya kalian membaca keseluruhannya agar lebih mengerti. Ketiga bukunya sudah diterjemahkan. 

4. Good Omens

http://www.bbc.com/news/magazine-30512620
 Jika kalian berharap menemukan kisah cinta yang biasanya muncul di novel semacam ini, sebaiknya lupakan saja. Good Omens bukan novel yang kalian cari karena sama sekali tidak ada kisah cinta di sini. Neil Gaiman dan Terry Pratchett (alm.) berkolaborasi membuat novel yang diambil dari kisah terkenal tentang lahirnya anti-kristus, Damien (ada lho filmnya, judulnya The Omen). Anti-kristus telah lahir! Siap-siap kiamat! Kira-kira begitu deh. Tapi, di novel ini, ikut terjun juga sang malaikat bernama Aziraphale dan sang iblis bernama Crowley yang memiliki tugas masing-masing. Yang satu bertugas melancarkan jalan Damien agar bisa menghancurkan dunia dan segala isinya. Yang satu lagi bertugas mengamati dan mencegah apapun yang akan dilakukan Damien jika bocah itu hendak meng-kiamat-kan dunia. Tetapi, semuanya tidak seperti yang terlihat. Pembaca akan diajak untuk lebih memahami karakter Crowley dan Aziraphale, ketimbang teror atas kiamat dunianya sendiri. Jadi, ini buku yang serius dan cukup lucu jika kalian mengerti apa yang hendak Neil dan Terry sampaikan. BBC kabarnya hendak mengadaptasi buku ini menjadi siaran drama radio.

by Noxcape


5. Georgina Kincaid Series

http://www.sj63.com/html/200911/2009112117403727319_1.html
Apa kalian tahu mitos tentang Succubus? Ok, mari cari tahu sedikit tentang Succubus. Succubus adalah jenis iblis wanita yang mendatangi mimpi manusia, terutama pria, dan merayu mereka untuk melakukan hubungan seksual. Jika kegiatan tersebut berlangsung terus-menerus, korbannya akan sakit dan meninggal. Jadi, buku ini adalah buku dewasa. Sesuai mitos tersebut, tersebutlah seorang Succubus bernama Georgina Kincaid yang mencoba menjalani hidup seperti manusia biasa. Sulitnya, Georgina naksir cowok keren yang disebut Seth. Tapi kegiatan naksir-menaksir ini harus dihentikan sementara karena di kota Seattle tempatnya tinggal, muncul teror baru yang mengancam dunia bawah, yang tak lain adalah kaumnya sendiri. Serial ini sudah diterjemahkan sampai selesai hingga 6 buku. 


6. Guild Hunter Series

by Dark Voices
Masih tentang malaikat, mereka tiba-tiba saja 'turun' dari langit, hidup di antara manusia dengan sayap megah dan kekuatan super mereka. Hanya saja, mereka menguasai dunia. Lalu ngapain aja? Mereka membentuk Asosiasi Pemburu atau Guild Hunter untuk memburu Vampire. Tentu saja, vampire dalam buku ini juga berbeda dari vampire yang sering kita baca (atau nonton). Di sini, para malaikat-lah yang menciptakan kaum vampire dengan sebuah kontrak dan mereka harus melayani para malaikat. Asosiasi Pemburu ini dibuat untuk memburu para vampire yang melanggar kontrak. Elena adalah malaikat pemburu yang jago melacak vampire pembelot ini. Dan ia terlibat sesuatu yang berbahaya dengan boss-nya sendiri. Total bukunya ada 9, tanpa menghitung sampingannya, dan sudah diterjemahkan 4 buku di sini. Tiap bukunya beda cerita, beda tokoh, meski masih ada dalam satu dunia yang sama. Jika suka malaikat pemburu, buku ini bisa jadi belahan jiwa kalian. *halah*  


7. The Demon Lexicon Trilogy

http://sarahreesbrennan.tumblr.com/post/67626571627/fighthehurricane-ya-meme-810-seriesbooks
Rasanya tidak adil kalau trilogi satu ini tidak mendapatkan kepopuleran yang pantas. Why? Karena tokohnya dua pria kakak-beradik tamvan dan mereka sedang dalam misi melawan para penyihir. Penyihir ini memanggil iblis untuk mengerjakan perintah dan mereka menginginkan sebuah jimat dari kedua bersaudara itu. Seperti Sam dan Dean Winshester dalam serial TV Supernatural, Alan dan Nick memiliki kepribadian berbeda tapi keduanya tetap kompak karena that's what families are for, right? Seiring berlalunya waktu, Nick mulai mengetahui sesuatu yang dirahasiakan Alan. Ketika hal-hal yang seru dimulai, bukunya hanya diterjemahkan 1 saja *flip table*. Meski hanya terbit 1, buku ini cukup sering direkomendasikan para penikmat buku lho, jadi bikin penasaran kan?




So that's it guys..... Ada beberapa novel tentang malaikat lain yang mungkin bisa kalian baca tapi nggak masuk dalam top list kali ini. Misalnya aja ada Halo Trilogy, The Fallen series by Lauren Kate, Hush Hush series, The Fallen series by Thomas E. Sniegoski, Angelology, dan lain-lain. Mungkin juga kalian punya rekomendasi sendiri tentang novel-novel bertema malaikat yang belum diterjemahkan?

Komentar

  1. Flavia de Angela dari lokal juga bertemakan malaikat. Udah ada 2 buku, Flavia de Angela sendiri dan Flavia Fights Back

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya bener, thanks udah nambahin ^^

      Hapus

Posting Komentar