12 Novel Terjemahan Bertema Perjalanan Waktu

Perjalanan waktu adalah salah satu tema fiksi ilmiah yang cukup populer dalam dunia pernovelan. Ide mengenai perjalanan waktu dituangkan pertama kali oleh H.G. Wells dalam novelnya The Time Machine di akhir abad ke-19 yang kemudian menjadi landasan teori perjalanan waktu hingga zaman modern ini.  Dalam dunia fiksi baik itu novel ataupun film, perjalanan waktu bisa dijelaskan secara ilmiah dengan teknik kuantum fisika atau lubang hitam yang biasanya memerlukan alat berteknologi canggih (fenomena di luar angkasa yang masih menjadi misteri hingga saat ini) atau bisa saja dijelaskan secara supernatural seperti misalnya oleh hantu/malaikat/energi sihir kuno dengan berbagai perangkat tak berteknologi. Berdasarkan ciri-ciri ini, Penfi sudah mengumpulkan beberapa novel terjemahan yang menggunakan teori perjalanan waktu (dengan mengesampingkan The Time Machine dan Timeline oleh Michael Crichton yang sudah pernah dibahas di sini).



1. Joshua Files


Joshua tiba-tiba saja tersangkut masalah ketika ayahnya dinyatakan meninggal dalam sebuah kecelakaan. Ia pun ikut menyelidiki misteri-misteri dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan ayahnya. Joshua yakin ayahnya tidak meninggal sehingga ia bertekad menguak semua misteri-misteri tersebut. Anehnya, memang sejak awal Joshua memiliki takdir yang sudah diramalkan dalam ramalan kuno suku Maya. Uniknya, novel ini mengangkat bela diri ala Amerika Selatan seperti capoeira dan beberapa artefak serta legenda-legenda dari benua tersebut. Joshua akan bisa melompati waktu menggunakan sebuah alat yang teramat canggih secara teknologi sehingga bagi orang-orang awam justru tampak seperti sihir. Misteri yang diungkap Joshua perlahan-lahan kemudian mengungkap lebih banyak konspirasi tingkat global.


2. Time Riders


Serial yang panjang ya.... Total ada 9 buku, tapi baru ada 6  buku yang diterjemahkan. Time Riders bercerita tentang 3 orang terpilih yang 'dicomot' pada detik-detik kematian mereka oleh seseorang yang menyebut dirinya agen perjalanan waktu. Pada tiap buku, misi yang mereka jalankan berbeda-beda tapi intinya semua sama, mereka harus menjaga keseimbangan dunia dengan mencegah para antagonis mengubah sejarah. Tapi itu semua harus dibayar dengan kehidupan pribadi mereka yang dilarang keluar dari bunker, yang merupakan markas rahasia mereka. Bunker ini telah dilindungi oleh medan energi yang memungkinkan mereka hidup dalam time-loop, yaitu kondisi dimana mereka akan terus mengulang satu hari (24 jam). Ketiga orang ini diambil dalam zaman berbeda sehingga cukup menyulitkan bergaul pada awalnya. Bagi para pecinta novel perjalanan waktu, serial ini wajib kalian ikuti.


3. The Gideon Trilogy


Peter dan Kate mengalami kecelakaan di laboratorium. Mesin anti-gravitasi yang sedang dikembangkan ternyata malah mengirim kedua remaja ini kembali ke abad 18 dan mereka bertemu Gideon yang sedang bersembunyi dari orang yang disebutnya Tar Man. Mereka tidak bisa buru-buru kembali di zamannya karena mesin tersebut telah berpindah tangan dan kini mereka tersangkut masalah yang lebih besar. Abad ke-18 diceritakan dengan baik di buku ini. Dan perjalanan waktu mereka telah menimbulkan efek-efek berbahaya yang dapat mengancam keseimbangan dunia. Teori lain mengenai perjalanan waktu juga dijelaskan dengan baik di sini. 

4. Precious Stone Trilogy


Perjalanan waktu dalam serial ini adalah kemampuan yang diturunkan secara genetis. Jadi tidak ada alat-alat rumit seperti yang biasa ada di novel fiksi ilmiah. Dan kemampuan ini hanya diturunkan oleh klan keluarga tertentu. Bayangkan betapa kagetnya Gwyneth ketika dirinya yang tidak termasuk golongan elit penjelajah waktu, justru bisa melompati waktu. Rupanya sang ibu sudah memalsukan sertifikat lahirnya untuk melindungi gadis itu dari kelompok yang disebut The Guardian. Karena dirinya tidak disiapkan untuk menjelajahi waktu, maka Gwyneth diberi alat Chronograph agar bisa mengendalikan kemampuannya. Gwyneth juga digolongkan sebagai penjelajah waktu ke-12 dengan simbolnya permata berlian merah. Mulai dari sini kehidupan Gwyneth jadi makin rumit. Adaptasi filmnya sudah ada lho.


5. Replay


Replay menyajikan kisah yang unik mengenai seorang pria bernama Jeff yang tiba-tiba mendapat serangan jantung dan meninggal pada tahun 1988 di usia ke-43 tahun. Tetapi tanpa bisa dijelaskan, Jeff hidup kembali ke dalam tubuhnya sendiri pada usia 18 tahun dan dia pun kembali menjalankan kehidupannya dengan memori utuh. Namun dia kembali meninggal di usianya ke-43 dan harus mengulang lagi kehidupannya dari usia 18 tahun. Hal ini terus terjadi berulang kali meskipun Jeff mencoba menjalani kehidupan berbeda. Dia segera mengetahui bahwa kematiannya tidak terhindarkan lagi, lalu ketika dia mengalami 'Replay' lagi, kali ini ada sesuatu yang berbeda. Jeff menyadari dia bukan satu-satunya orang yang mengalami replay dan mulai mencari orang ini. Tapi sejak bertemu orang ini, rentang waktu 'replay' mereka semakin pendek. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya terhadap Jeff? Terutama ketika mereka berdua memutuskan untuk mempublikasikan kemampuan mereka pada media.



6. Highlander series

Bacaan khusus dewasa. DEWASA. Kisahnya per buku tidak bersambung jadi bisa dibaca terpisah namun plotnya rata-rata sama, salah satu tokoh di dunia modern terlempar ke masa lalu, ke zaman Irlandia kuno dimana sihir-sihir kuno kaum Druid masih berkuasa, dan bahkan ada peri yang mampu mengirim seseorang melalui perjalanan waktu. Tipikal kisah romantis lain, dan malah menitikberatkan pada kisah romantis bukan pada konflik-konflik si jahat versus si baik. Tidak ada ramalan-ramalan aneh juga. Jadi buku ini memang dikhususkan untuk penggemar kisah romantis yang berapi-api.


7. Miss Peregrine's Peculiar Children series


Kehidupan Jacob berubah sejak kakek yang ia kagumi dan sayangi meninggal dengan tragis. Sayangnya, Jacob sempat melihat pelakunya yang nampak ganjil sehingga hal itu memperngaruhi kondisi psikologisnya. Selama beberapa minggu, Jacob mengalami depresi sampai harus berkonsultasi ke psikiater dan rutin minum obat anti-depresan. Tapi kemudian dia menemukan foto-foto lama kakeknya dan surat yang ditujukan pada seorang wanita bernama Peregrine. Atas saran sang dokter, Jacob dan ayahnya berpelesir ke tempat yang diarahkan sang kakek dalam pesan-pesan terakhirnya. Tak dinyana, hal itu malah membuat Jacob mengetahui rahasia yang selama ini disembunyikan sang kakek. Melalui sebuah gua, Jacob dapat berpindah waktu ke sebuah tempat yang sama tapi dilindungi oleh medan sihir dimana waktu akan terus berulang dan dihuni oleh anak-anak peculiar (ganjil). Melalui foto-foto peninggalan sang kakek, Jacob pun menyadari, bahwa dia sudah tiba ke tempat yang benar. Lalu, dia juga mengetahui ada makhluk lin yang mengincar mereka.


8. Time Traveller's Wife

by BlackMamba08
Nah yang ini menarik, karena tokoh yang bernama Henry memiliki kemampuan menjelajah waktu tapi tidak bisa dikendalikan. Nama ilmiah dari kondisi ini adalah Chrono-displacement disorder. Jadi Henry selalu tertarik ke masa lalu atau masa depan yang memiliki hubungan emosional dengannya. Ia bertemu dengan istrinya dalam lompatan waktu yang tidak konsisten, tapi mereka mencoba untuk hidup normal. Filmnya mendapat sambutan baik dan bukunya pun mendapat rekomendasi sebagai buku romantis dan manis.



9. The Books of Beginning trilogy

from the book's trailer
Ketiga bersaudara bernama Kate, Michael, dan Emma sudah tinggal di panti asuhan dalam waktu yang sangat lama. Mereka selalu berpindah-pindah tempat panti dan tempat terakhir yang mereka tempati lebih buruk daripada sebelumnya. Mereka sama sekali tidak mengetahui kabar orangtua mereka. Kate, anak tertua, hanya mengingat sedikit sekali tentang mereka. Awalnya mereka pikir mereka hanya harus bertahan sampai suatu hari mereka menemukan sebuah foto hitam-putih dan foto tersebut membawa mereka ke masa lalu yang penuh sihir. Petualangan mereka di masa lalu mengungkap beberapa misteri tentang orang tua dan diri mereka sendiri. Bahwa mereka ditakdirkan sebagai penjaga Buku Permulaan dan bahwa ada orang-orang yang ingin menguasai kemampuan mereka. Bukunya di sini hanya diterjemahkan 2 seri saja :(



10. History Keepers

dalam berbagai cover buku
Seperti plot-plot lainnya, Jake diculik oleh orang tak dikenal pada malam ketika badai menyerang dan baru mengetahui kalau orangtuanya punya kehidupan ganda yang kini terjebak dalam masa lalu. Jake juga kini ikut terlibat dalam suatu perkumpulan rahasia beserta agen-agen rahasia. Jake juga terlempar ke masa lalu dimana ia menemukan agensi rahasia yang disebut Penjaga Sejarah. Dan tidak, mereka bukan tipikal ilmuwan sejarah, tapi sungguhan menjaga alur sejarah dari tangan-tangan yang berusaha memanfaatkannya. Jake juga ikut bergabung dengan para penjaga sejarah karena sifat berpetualangnya yang tinggi dan keinginan untuk menemukan orangtuanya kembali. Sejauh ini, baru buku pertama yang diterjemahkan dari total 3 buku. 


11. Ulysses Moore


Buku yang satu ini cocok dibaca anak-anak. Dimulai dari kepindahan keluarga Jason dan Julia ke sebuah mansion terpencil di pingir tebing. Mansion tersebut dipenuhi barang-barang aneh, sehingga untuk mengusir kebosanan, Julia dan Jason, yang merupakan anak kembar berumur 11 tahun, berkeliling di sekitar mansion untuk mengungkap misteri. Bersama temn baru mereka, Rick, ketiganya kemudian menemukan pintu rahasia yang membawa mereka ke petualangan menjelajahi waktu dengan sebuah kapal sihir. Tidak ada kisah cinta didalamnya, jadi murni petualangan dengan ilustrasi-ilustrasi menarik. 


12. Crusade in Jeans


Buku ini asalnya dari Belanda. Tentang seorang bocah berumur 14 tahun bernama Rudolph yang menjadi relawan atas percobaan Mesin Waktu di sebuah laboratorium. Karena kesalahan perhitungan, Rudolph terdampar di sebuah masa ketika terjadi perang yang prajuritnya adalah anak-anak. Melalui petualangan Rudolph bersama prajurit anak-anak ini, kita akan dibawa melihat perjuangan mereka melintasi kota demi kota tanpa bantuan orang dewasa. Jadi Rudolph pun membantu mereka dengan pengetahuan modern yang dimilikinya. Dengan segera, Rudolph menjadi pemimpin mereka dan ia belajar hal-hal berharga seperti persahabatan dan keberanian. Sudah diterjemahkan dan diadaptasi ke layar lebar berjudul Crusade in Jeans.



Well, there you go. Enjoy reading!

Komentar