9 Novel Fiksi Ilmiah Terjemahan Rekomendasi Penfi

Back on the list again! Kali ini yang diangkat adalah novel bertema fiksi ilmiah atau yang sering kita sebut SciFi (Science Fiction). Rupanya rekan-rekan Penfi agak kesulitan memilih novel bertema ini karena tidak begitu banyak diterjemahkan meskipun di luar sana ada banyak sekali. Novel Fiksi Ilmiah biasanya mengedepankan perkembangan teknologi canggih yang belum tercipta di dunia nyata dengan penjelasan-penjelasan ilmiahnya. Jadi, mari kita telisik novel-novel yang direkomendasikan berikut:


1. Jurassic Park 

dari film
Rasanya pasti kalian tahu buku yang satu ini. Iya, buku. Berkisah tentang seorang visionaris milyuner yang membuat taman bermain bertema dinosaurus tapi dengan dinosaurus sungguhan yang diciptakan dengan rekayasa genetika. Tapi sebelum taman tersebut dibuka, si milyuner ingin tes perdana dulu, jadi dia mengundang ahli arkeolog, ahli genetika, dokter, penilai publisitas, dan kedua cucunya ke sebuah pulau terpencil tempat taman bermain ini akan dibuka. Tak perlu ditanya lagi, masalah datang ketika ada yang berkhianat dan menyebabkan masalah di seluruh taman bermain dengan melepaskan dinosaurus berbahaya ke mana-mana. Maka, taman yang seharusnya menjadi tempat keajaiban dunia terjadi, berubah menjadi horor dan teror ketika mereka harus bertahan hidup dari kejaran Tyranosaurus. Bukunya hanya ada satu tapi franchise filmnya ada 3 buah. Baru-baru ini dibuat kembali franchise film Jurassic Park ke-4 dengan mengulang plot yang mirip-mirip.


2. Timeline

dari film
Timeline juga diadaptasi dari buku dengan penulis yang sama yaitu Michael Crichton. Bercerita tentang perjalanan waktu yang dijelaskan dengan luwes sekali dan beberapa orang pun dikirim ke masa lalu untuk mempelajari sejarah sebelum alat tersebut dapat dikomersialkan. Tetapi ada sesuatu yang salah dan ketika mereka mencoba memperbaikinya, beberapa orang ini terjebak di masa lalu. Kemudian terjadilah petualangan mereka di masa lalu ketika sedang terjadi perang sambil menunggu alat mereka beroperasi kembali. Tentu saja mereka berusaha keras agar tidak dikenali orang-orang zadul ini dan agar tidak mengubah sejarah, meskipun, menurut para ilmuwan, sejarah sudah terjadi sehingga tidak mungkin diubah. Tetapi tentu saja itu hanya teori, jadi mereka sebisa mungkin menghindari perhatian berlebih. Yang tidak mudah. Apakah mereka bisa kembali ke masa kini? Berubahkah sejarah?


3. The Martian

dari film
Ceritanya, manusia sudah bisa mengirim kapal berawak untuk membangun stasiun penelitian di planet Mars. Hanya terdiri dari segelintir peneliti dan pilot pesawat antariksa, mereka mendapat masalah ketika terjadi badai dan membuat satu orang terdampar di planet tersebut. Satu orang ini, berusaha sedapatnya untuk bertahan hidup di tempat tersebut dengan perbekalan seadanya. Dia juga berusaha menghubungi bumi agar mereka tahu kalau dirinya masih hidup. Diadaptasi dari buku berjudul sama, kita akan membaca kisahnya bertahan hidup sendirian dan apa akibatnya. Lalu, bisakah ia pulang? Baca sendiri, bukunya dan filmnya cukup menyenangkan di tonton. Terutama, kentangnya :P


4. Interworld


Interworld ditulis oleh Neil Gaiman dan Michael Reeves. Tentang seorang bocah bernama Joey Harker yang mengetahui ada dunia antara yang bisa digunakan untuk berkelana di antara dunia-dunia paralel dengan satu kapal besar. Uniknya, penghuni kapal itu semuanya adalah Joey Harker, tapi dengan rupa atau bentuk yang berbeda-beda, bahkan ada Joey Harker perempuan! Ternyata dunia-dunia paralel ini terbagi antara dunia sihir dan dunia teknologi. Lalu para Joey Harker dengan kemampuan unik mereka, bertugas melindungi dunia-dunia ini dari tangan-tangan jahat yang ingin menguasai mereka dan mengacak-acak keseimbangan. Idenya yang unik menarik perhatian para penikmat film dan kabarnya akan diadaptasi menjadi film animasi, tapi belum ada perkembangan berarti. Buku Interworld punya dua sekuel yaitu The Silver Dream dan Eternity's Wheel.


5. Ender's Game

dari film
Bukunya tebal, dan filmnya sangat sinematik. Dahulu kala, bumi pernah diserang makhluk alien yang datang dari luar angkasa tetapi bumi bisa mengusir mereka meskipun menghabiskan seluruh anggaran mereka. Takut kejadian tersebut akan berulang, bumi pun melakukan langkah-langkah pencegahan, yaitu dengan melatih para prajurit muda agar mereka punya kendali refleks yang bagus untuk bertahan dari serangan-serangan musuh/alien. Ender adalah salah satu anak jenius yang mampu menyelesaikan simulasi-simulasi perang dalam waktu singkat, Dia pun menjadi pemimpin atas sebuah tim pilihannya untuk mengikuti tes simulasi perang terakhir, yang malah mengungkap kebenaran mengenai simulasi-simulasi perang tersebut. Hal itu menghancurkan kepercayaan Ender dan dia bertekad untuk mengetahui lebih jauh. 


6. Maximum Ride 


Ketika para ilmuwan mulai bereksperimen menggabungkan gen hewan pada manusia, hasilnya adalah Max dan kelima saudaranya. Mereka memiliki sayap di punggung dan mengembangkan beberapa kemampuan lain. Keenamnya adalah unik sehingga ketika mereka dapat melarikan diri, para ilmuwan tersebut berusaha mengejar untuk mendapatkan mereka kembali. Itu adalah pertama kali mereka hidup di lingkungan bebas dan mereka masih dalam usia remaja. Berbagai kesulitan hidup di peradaban tapi harus tetap menyembunyikan sayap mereka juga harus terus berlari dari kejaran para ilmuwan membuat kisah mereka menarik diikuti. Filmnya (berupa serial televisi) baru saja dipublikasikan beberapa waktu lalu. 


7. Animorphs


Kelima manusia dan satu alien, memiliki kemampuan berubah wujud menjadi binatang apapun yang mereka sentuh, adalah plot utama dari serial Animorphs karya K.A. Applegate ini. Dengan kemampuan tersebut, mereka bekerja sama melawan ras alien parasit yang hendak menguasai bumi. Alien parasit ini bentuknya seperti siput yang mengontrol manusia dengan memasuki otaknya. Perubahan yang mereka alami tidak bisa bertahan lama dan mereka harus berkonsentrasi agar insting hewan yang mereka gunakan bentuknya menguasai kepribadian mereka sendiri. Sambil bertarung dengan para alien parasit, mereka juga tetap hidup sebagai manusia biasa. Animorphs pernah diadaptasi menjadi serial televisi dan bertahan dalam 2 season saja.


8. Lorien Legacy


Sembilan alien dari ras Loric dikirim ke bumi untuk melarikan diri dari bangsa Mogadorian yang hendak menghancurkan planet mereka. Ke-9 alien ini, bahkan Mogadorian sendiri memiliki wujud serupa seperti manusia tetapi mereka memiliki kemampuan yang dapat menyelamatkan planet mereka jika mereka dapat bersatu. Iya, sayangnya, mereka dikirim secara berpencar dari yang lain untuk menyulitkan Mogadorian yang memburu mereka. Tiga di antaranya sudah mati, saat Four mulai mengembangkan kemampuan Loricnya. Dia harus berpacu dengan waktu agar bisa bertahan hidup jika Mogadorian menemukan mereka, Four dan penjaganya. Kisah selanjutnya akan membawa Four bertemu para Loric lain dan mereka mulai menyusun rencana untuk menyelamatkan planet sekaligus mengalahkan Mogadorian. Karena keteranan novel ini, satu filmnya diadaptasi berjudul sama: I Am Number Four. Saat ini serial bukunya belum berakhir dan para Loric Indonesia sedang menunggu dengan sabar. ;)


9. Tunnels


Kisah Tunnels dimulai dari bocah berumur 14 tahun bernama Will Burrow, yang bersama ayahnya tertarik pada arkeologi dan sejarah lama. Pada suatu ketika, ayahnya melihat ada sesuatu yang menarik perhatiannya dan kemudian menghilang. Membuat Will mencarinya bersama Chester. Uniknya mereka semua tinggal di dunia bawah tanah tanpa pernah melihat dunia luar. Misteri demi misteri kemudian terungkap dengan lambat, dan seiring terungkapnya misteri berarti misi Will untuk menemukan ayahnya berubah semakin rumit. Bukunya berjalan lambat dengan background dunia bawah dan teknologi yang menyertainya. Pembicaraan mengenai adaptasi film sudah dibicarakan tapi belum ada kemajuan berarti.



Nah, bagaimana? Ada lagikah novel fiksi ilmiah yang kalian sukai tapi tidak ada dalam daftar? Lalu, adakah novel fiksi ilmiah keren yang ingin diterjemahkan?

Komentar