Rabu, 06 September 2017

Booklicious September!

Memasuki September Penfi punya rekomendasi buku lagi. Kali ini temanya agak sweet untuk para penggemar buku-buku Young Adult dan Middle Grade.... 






1. Alcatraz vs. The Evil Librarians

Sulitnya kalau hidup di dunia yang minim informasi karena Pustakawan Durjana membatasi arus informasi dan pengetahuan agar kita jadi terus bodoh! Padahal ada teknologi yang lebih canggih di benua yang dipenuhi penduduk dengan peradaban maju seperti misalnya, tangga dan pedang. Iya, bingung kan? Alcatraz juga bingung. Alcatraz tadinya adalah anak yatim piatu yang terus berpindah tempat karena dia punya kebiasaan merusak barang, sampai-sampai orang tua angkatnya tidak tahan. Lalu tiba-tiba, seorang pria tua datang ke rumah orang tua angkatnya dan mengaku sebagai kakek kandungnya, tepat ketika dia akan dipindahkan ke panti asuhan sementara. Tentu saja Alcatraz tidak akan tertipu. Dia sudah akan mengusir pria tua nyentrik itu tetapi malah dihadapkan dengan orang yang mau membunuhnya. Jadilah Alcatraz melarikan diri bersama pria tua tersebut. Alhasil, Alcatraz pelan-pelan mengetahui ada dunia tersembunyi di luar sana, dan betapa dia adalah pusat dari segalanya.

Lucu, ringan, segar, dan ramah dibaca anak-anak. Kalian akan diberitahu bahwa apa yang selama ini kita tahu, adalah salah akibat perbuatan Pustakawan Jahat. Bakat-bakat keluarga Smedry akan membuat kalian cengo. Jadi, ikuti saja petualangan Alcatraz dan keluarga Smedry dalam mengungkap kebenaran. Buku ini baru saja terbit sekaligus 2 volume dan lanjutannya sedang digarap juga. Sampulnya didesain oleh ilustrator Indonesia lho, kece kan?! 


2. The Young Elites 

Demam Berdarah itu berbahaya jika tidak ditangani. Penyakit ini merenggut banyak orang ketika obat yang sekarang mudah ditemui, belum diciptakan pada masa itu. Tapi ini memang bukan Demam Berdarah seperti yang kita tahu. Penyakit ini lebih mematikan dan lebih aneh. Bagi mereka yang berhasil hidup setelah menderita penyakit Demam Berdarah, di tubuhnya akan muncul tanda yang kemudian disebut 'malfetto'. Parahnya, orang-orang yang memiliki tanda ini mengalami kesialan beruntun seperti kematian anggota keluarga dan lain-lain. Maka masyarakat pun menganggap para malfetto sebagai pembawa sial dan dikucilkan. Mereka tidak tahu kalau penyakit tersebut memberikan Bakat kemampuan super pada penderita yang selamat. Mereka disebut Young Elites oleh para Inkuisitor Axis, yang menganggap mereka berbahaya dan harus dimusnahkan. Adelina Amouteru adalah seorang malfetto, seorang Young Elites. Dan ketika dia tertangkap, intrik-intrik politik mulai mengejarnya juga.

Serial ini berupa trilogi dan mendapat sambutan hangat dari para pembaca fantasi distopia. Di sini baru terbit 2 volume dengan volume terakhir kabarnya akan terbit segera.


3. The Mortal Instruments


Serial ini sering sekali direkomendasikan di Penfi lho. Kombinasi aksi, misteri, romansanya dianggap pas bagi para penggemar Young Adult. Mengenai seorang gadis yang melihat 'pembunuhan' di night club namun ternyata yang dibunuh adalah monster underworld yang melanggar hukum perjanjian dan yang membunuh adalah 'polisi' disebut shadowhunter. Mereka adalah keturunan Nephilim, berdarah malaikat, yang bisa melakukan sihir rune dengan menorehkannya di kulit seperti tato dan punya kemampuan super. Mereka hidup dalam bayang-bayang, sehingga ketika gadis bernama Clary bisa memlihat mereka, para shadowhunter itu pun ingin tahu mengapa. Belum sempat mengusut terlalu jauh, apartemen Clary diserang dan ibunya diculik. Salah satu Shadowhunter bernama Jace pun menduga yang menculik sekaligus menyerang apartemen Clary adalah monster underworld. Maka mau tak mau Clary pun terjebak dalam dunia bayang-bayang beserta intrik-intrik dan misterinya.

Serial ini teramat populer hingga punya fan base sendiri yang cukup aktif. Cerita sampingan pun hadir dalam serial The Infernal Device Trilogy yang juga sudah diterjemahkan dan The Dark Artifices Trilogy yang baru diterjemahkan satu buku, yaitu Lady Midnight.


4. Samuel Johnson vs. The Devil

Bukan kebetulan jika pada suatu hari Samuel Johnson mengintip ke rumah tetangga dan melihat tante Abernathy sedang melakukan pemanggilan setan lengkap dengan lilin dan lingkaran pentagram. Bukan suatu kebetulan juga jika tante Abernathy memilih lokasi tersebut di kota kecil tempat tinggal Samuel Johnson karena portal menuju Neraka memang ada di situ. Untungnya Samuel Johnson dan anjingnya Boswell bukan anak yang cepat panik, mungkin karena dia sudah terbiasa dengan keanehan di kotanya sendiri. Tapi jika portal neraka tersebut terbuka maka akan terjadi kiamat, dan itu cukup bahaya. Jadi Samuel, bersama teman barunya, iblis dari neraka, berusaha menghentikan sang tante, yang jelas-jelas sudah dirasuki, agar membatalkan ritual dan mengembalikan setan-setan yang sudah terlanjur masuk ke dunia nyata. 

Buku trilogy ini baru saja diterbitkan secara lengkap 3 volume. Meski agak seram karena setan-setan neraka di buku ini nggak ganteng-ganteng, tapi ramah dibaca anak-anak dan lucu juga.


5. The Lunar Chronicles


Serial kwartet ini mendapatkan kepopulerannya dengan mengambil tema fairy tale seperti Cinderella, Red Riding Hood, Rapunzel, dan Snow White. Penulis Marissa Meyer berhasil menceritakan ulang kisah mereka dibalut dengan teknologi berlatar belakang dunia distopia dan sedikit fantasi. Berawal dari Cinder yang memiliki tangan dan kaki cyborg karena sewaktu kecil mengalami kecelakaan parah yang menewaskan orang tuanya dan sekarang dia dirawat orang tua asuh. Namun menjadi seorang cyborg berarti dirinya harus menahan caci maki dari masyarakat sekitar yang menganggap tubuhnya 'berpenyakit'. Padahal penyakit sesungguhnya adalah wabah misterius yang akhir-akhir ini merenggut nyawa manusia dengan cepat, termasuk sang Raja. Hidupnya yang suram dengan segera terjun bebas ketika adik tirinya terserang wabah tersebut dan ibu tirinya menjualnya untuk dijadikan eksperimen obat. Dalam upayanya melarikan diri, Cinder bertemu dengan sang pangeran dan ketertarikan antara mereka berdua mulai memercik. Kondisi ini diperparah dengan misi 'diplomatis' antara warga bumi dan warga bulan, di mana warga bulan ingin menguasai bumi.

Keempat bukunya sudah terbit semua dengan sampul yang kece-kece. Kalau kalian belum punya, lebih baik cari sekarang, buku ini layak dikoleksi lho. Oh ya, ada dua buku sampingan yang berjudul Fairest dan Stars Above.


Kalian sudah baca yang mana? Kalau masih ditimbun, buruan digali dan dibaca!    

1 komentar: