Rabu, 04 Oktober 2017

Booklicious October!

Waktunya Penfi tebar buku lagi untuk bulan Oktober! 

Sedikit trivia, dahulu kala Oktober artinya Bulan ke-Delapan, karena Okto berasal dari bahasa latih Octo yang artinya Delapan. Kemudian Romawi menambahkan January dan February sehingga menggeser posisi Oktober ke bulan ke-Sepuluh. Di Inggris Kuno bulan Oktober ditandai dengan datangnya musim dingin dan festival-festival yang dilakukan turun-menurun hingga sekarang. Salah satu festival yang masih dilakukan dengan segala perubahan-perubahannya adalah Festival Halloween. Konon di hari Halloween, hantu-hantu leluhur berikut para makhluk halus seperti peri akan datang berkunjung. Jadi, begitulah tema buku kita di bulan Oktober ini!

Alright guys, here we gooo...








1. The Monstrumologist


Will Henry adalah seorang anak yatim piatu yang bekerja sebagai asisten di rumah Dokter Pelinor Warthrop. Dokter Warthrop sendiri adalah seorang ahli monstrumologi dan sepanjang masa karirnya yang masih pendek, Will sudah terbiasa dengan tamu aneh di tengah malam dan melihat hal-hal aneh lainnya. Sampai pada suatu malam seorang penggali kubur bernama Eamus Gray mengunjungi rumah Dr Warthrop sambil membawa 2 mayat yang ditemukannya di kuburan. Satu mayat adalah seorang wanita, dan satu mayat lain adalah makhluk bernama Anthropophagi. Dan dalam tubuh mayat wanita terdapat janin Anthropophagi yang masih hidup. Sejak itu Will dan Dr Warthrop harus menghadapi berbagai macam teror yang berdatangan. 

Buku misteri horor gotik ini cocok dibaca untuk kamu yang menyukai kisah-kisah kelam. Oh buku ini juga menyasar pembaca Young Adult lho, dan mendapat penghargaan Printz Honor Award untuk kategori buku YA terbaik. 


2. The Castle of The Carpathians


Kastil Carpathians terletak di Gunung Carpathian di Transylvania, wilayah Austria-Hungaria (sekarang Rumania). Penduduk desa percaya bahwa iblis telah menempati kastil itu karena banyak hal aneh terjadi di desa yang letaknya dekat dari kastil. Count Franz de Telek, yang kebetulan mengunjungi tempat tersebut merasa tertarik dengan cerita penduduk sekitar dan memutuskan untuk menyelidiki kastil. Ternyata pemilik kastil adalah kenalan sang Count yang bernama Baron Rodolpho de Gortz, yang dulu pernah bersaing memperebutkan cinta seorang prima donna Italia, La Stilla. Sang Count mengira La Stilla sudah meninggal, tetapi ketika tinggal di sana, dia mendengar suaranya dan nyanyiannya dimana-mana. Apakah itu hantunya? Kalau ya, kenapa masih tinggal di alam manusia? Count pun menyelidiki lebih lanjut.


3. A Head Full of Ghosts


Keluarga Barrett hidup sederhana di kota kecil New England, Amerika bersama kedua putri mereka yang berumur 14 tahun, Marjorie, dan 8 tahun, Merry. Ayah mereka kesulitan mencari nafkah sehingga hanya mengandalkan ibu mereka yang bekerja di toko kecil. Merry tidak begitu mengerti ketika tiba-tiba saja Marjorie bersikap aneh. Dokter tidak bisa menolong Marjorie, dan ayah mereka yang baru saja menjadi seorang Katolik, menganggap Marjorie kerasukan setan atau iblis. Jadi dipanggilan pastor untuk melakukan pengusiran setan. Ayah mereka juga memanggil kru TV yang akan mengambil gamabr untuk episode serial TV realita The Possessed. Ketika penglihatan-penglihatan Marjorie semakin parah, Merry menyaksikan pecahnya keluarga mereka sedikit demi sedikit.


4. Zombie Aedes


Ibukota Jakarta tiba-tiba dapat wabah. Ratusan hingga ribuan orang langsung terkena penyakit mematikan. Hanya dalam hitungan hari, penderita penyakit ini akan langsung meninggal dunia. Vaksin dan antibiotik tidak ada yang berguna. Di segala kekalutan, tiba-tiba saja mereka yang sudah meninggal bangun lagi. Kini para mayat hidup jadi agresif dan mengejar manusia yang sehat untuk dimakan. Untungnya ada profesor yang tahu penyebab wabah dan tahu cara membuat vaksinnya. Maka sekelompok sipil pun mengawal sang profesor ke Monas, tempat peradaban manusia bisa dimulai lagi. Tapi berhasilkah mereka?  

Note: gambar nyamuk diambil dari galeri video game Resident Evil - Mulder.

5. The Haunting of Hill House


Dr. Montague ingin mencari bukti atas keberadaan hantu maka dia menyuruh asistennya untuk mengundang beberapa orang untuk ikut dalam eksperimennya. Hanya 3 orang yang membalas undangannya: Theodora yang ceria dan flamboyan, Eleanor yang pendiam dan penakut, dan Luke, ahli waris rumah yang akan mereka berempat tinggali untuk mencari fenomena gaib. Rumah yang mereka tinggali dimiliki nenek moyang Luke yang misterius, letaknya jauh dari kota, dan hanya dijaga 2 pengurus rumah yang menolak untuk ikut menginap setelah gelap. Banyak rumor aneh seputar rumah kosong tersebut sehingga Dr Montague menganggap tepat untuk dijadikan tempat bereksperimen. Segera saja, fenomena-fenomena aneh menghampiri, khususnya pada Eleanor. Kamar mereka diketuk dengan keras pada malam hari, ruangan kamar tiba-tiba berubah dingin membekukan, dlsbg. Fenomena-fenomena ini semakin meningkat tiap harinya sehingga membuat Dr Montague pun ketakutan. Tapi, apakah benar fenomena-fenomena aneh tersebut dilakukan oleh hantu? Suasana mencekam dalam buku ini dijamin bisa membuat bulu kudukmu merinding. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar