Senin, 30 November 2020

[Bibliostation] Perpustakaan Universitas Malahayati

Halo, Penefiers! 

Tak terasa sudah November. Bagi yang doyan jalan-jalan, tentu tahun ini terasa berat ya. Penfi juga pengen jalan sih, tapi tetap was-was dengan kondisi sekarang. Nah, Penefiers jangan lupa untuk ikuti protokol kesehatan ketika bepergian!



Bibliostation kali ini, Penfi akan membawa kalian ke salah satu perpustakaan unik di Indonesia. Perpustakaan ini ada di Lampung. Penefiers yang di Lampung, mana suaranya? Bersiap-siaplah, kita akan meluncur ke Perpustakaan Universitas Malahayati!




SEKILAS:


Bagaimana rasanya berada di perpustakaan dalam ruangan yang justru seperti di luar ruangan? Kalau penasaran, maka Penefiers harus mengunjungi perpustakaan unik ini. Perpustakaan Malahayati di Lampung lebih terasa seperti berada di taman daripada di lantai tujuh gedung kampus. Wow!




Ketika memasuki perpustakaan ini, ada petugas di kedua sisi. Masuk lebih dalam lagi, maka pemandangan yang memukau mata. Ada empat baris panjang rak buku berisi berbagai macam buku keperluan mahasiswa. Rak-rak tersebut dikelilingi sungai buatan selebar sekitar satu meter. Dalam sungai ada juga ikan-ikan yang sengaja dipelihara untuk menambah suasana hidup di perpustakaan. Pada sela-sela rak disediakan bangku sehingga mahasiswa bisa memilih duduk di sana atau di tepi sungai buatan. 




Sisi kiri ada puluhan miniatur rumat adat yang menandakan masing-masing provinsi. Di dalam rumah adat itu ada meja dan bangku, sehingga para mahasiswa bisa berdiskusi dengan santai sepanjang waktu. Khusus Aceh, punya miniatur meusanah yang berfungsi sebagai tempat salat dan wudu. Apakah tempat duduk di perpustakaan ini cukup untuk menampung banyak mahasiswa? Tenang saja. Sisi kanan masih ada ruangan besar berbentuk kubus dengan dinding pembatas setinggi orang dewasa, jadi semacam ruang VIP. Di dalamnya ada sofa-sofa panjang untuk membaca dan diskusi bersama. 





Koleksi buku di perpustakaan ini tergolong banyak, yaitu sekitar 32.500 buku. Semua tersusun rapi pada kategori masing-masing seperti kedokteran, ekonomi, filsafat, teknik, hukum, dan lain-lain. Untuk memudahkan pencarian, mahasiswa bisa menggunakan komputer di sana untuk mencari lokasi buku disimpan. Selain suasana nyaman, perangkat komputer, fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah akses internet gratis, mesin fotocopi, dan loker penyimpanan barang. Mahasiswa dari kampus lain juga sering berkunjung ke perpustakaan ini, lho! Wajar sih, perpustakaannya kan keren. Hehehe…



Konsep perpustakaan unik ini tercetus dari Rusli Bintang, pendiri universitas tersebut setelah berkunjung ke sebuah universitas di Belanda. Universitas Malahayati sendiri didirikan Rusli Bintang pada 1992 dan menjadi salah satu universitas swasta terbesar di Lampung.


Bagaimana? Apakah Penefiers ingin mengunjungi perpustakaan ini? Jangan lupa komentarnya bagi yang pernah berkunjung langsung ke sana ya. Sekian Bibliostation kali ini. Sampai jumpa!

 


KONTAK:

Alamat    : Komplek Kampus Universitas Malahayati

      Jl. Pramuka No. 27 - Sumber Rejo, Kemiling 

      Bandar Lampung, Lampung - 35151

Telp./Fax.         : (0721) 271114 / 271119

Twitter : @UnimalOfficial

Website           : www.perpustakaan.malahayati.ac.id 


JAM OPERASIONAL:  Senin-Jumat : 08.00 – 22.00 WIB

Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB

Minggu : Tutup

Tutup sementara (jam istirahat) : 12.00 – 13.00 WIB


BIAYA:  

Kartu Anggota (mahasiswa internal)              : Rp 20.000

Kartu Anggota (mahasiswa eksternal dan umum)    : RP 30.000

 


SUMBER DATA:

  1. https://perpustakaan.malahayati.ac.id/

  2. https://kumparan.com/lampunggeh/perpustakaan-terpanjang-ini-adanya-di-lampung-lho-1550582037937636872/full

  3. https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00235599/6.html

  4. http://pustakawanjogja.blogspot.com/2019/09/keren-dan-uniknya-perpustakaan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar