Ulasan Buku : Penjelajah Antariksa #6 : Kunin Bergolak (Lagi)

Judul asli : Penjelajah Antariksa 6 : Kunin Bergolak (Lagi)
Pengarang : Djokolelono
Penerbit :Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun terbit : Juni 2016
Jumlah halaman :192
Ribuan tahun dari sekarang, Terra atau Bumi yang manusia tempati, tiada akibat perang. Penduduk Terra berpencar mencari planet yang bisa mereka tinggali.
Membawa angin segar bagi dunia penulisan lokal, Djokolelono menyuguhkan seri fiksi ilmiah dengan mengusung judul Penjelajah Antariksa. Selama akhir tahun 2015 hingga pertengahan 2016 ini, penerbit KPG telah menerbitkan keenam bukunya (dari ketujuh buku yang direncanakan). Faktanya, tiga seri awal Penjelajah Antariksa : Bencana Di Planet Poa, Sekoci Penyelamat Antariksa, dan Kunin Bergolak, sebelumnya telah diterbitkan tahun 1985-1988. Wow, sudah begitu lama ternyata ya. Dan setelah lama vakum, seri ini diangkat kembali dan dilanjutkan penerbitannya.
Sebuah planet bernama Kunin II telah menjadi pangkalan pemberontakan terhadap Starx, suatu persatuan multigalaksi. Penggalangan makar di Kunin II yang awalnya merupakan planet penjara tanpa teknologi, dipimpin oleh Jenderal Roon yang memanfaatkan Veta dan Stri, kakak adik yang selamat dari bencana di planet Poa untuk membantu misinya. Sementara itu saudara Veta dan Stri, Vied dan Raz masih terombang-ambing di planet lain dengan masalah yang berbeda. Akankah keempat bersaudara ini berkumpul kembali ? Bagaimanakah nasib Starx ke depannya ? 
Seri Penjelajah Antariksa ini adalah suatu seri amat layak baca yang membuat kita berpikir demikian jauh dengan fantasi tingkat tinggi. Rasa fiksi ilmiahnya sedikit banyak mengingatkan kita pada saga legendaris Star Wars, namun dengan konflik yang berbeda. Djokolelono cukup berhasil mengungkapkan keseruan konflik, perang di luar angkasa, kecanggihan teknologi, dan ungkapan-ungkapan tidak biasa yang membuat kita tersenyum hingga tertawa. Kehadiran seri ini diharapkan mampu mendobrak dunia penulisan fiksi ilmiah lokal di tengah serbuan karya-karya terjemahan.
Tidak lupa kami apresiasi tampilan sampul seri ini yang sangat eye catching dan membuatnya semakin cantik untuk dikoleksi. Semoga buku ketujuhnya segera diterbitkan.
 
Penjelajah Antariksa #1 : Bencana Di Planet Poa
Penjelajah Antariksa #2 : Sekoci Penyelamat Antariksa

Penjelajah Antariksa #3 : Kunin Bergolak

Penjelajah Antariksa #4 : Kudeta Putri Gradi

Penjelajah Antariksa #6 : Kapten Raz

Oleh : Greeny Onie
 

Komentar