Selasa, 22 Mei 2018

[AUTHOR] Eoin Colfer Wanted!



Kali ini Penfi mau mengajak kalian mengenal om Eoin Colfer yang sudah menelurkan Artemis Fowl, dan banyak buku lainnya. Saking terkenalnya Artemis Fowl, karakter ini menjadi referensi di beberapa novel lain, seperti karakter Harry Potter yang juga sering disebut-sebut di novel-novel lain. Alright, lets begin!





Eoin Colfer lahir di Irlandia tahun 1965 sebagai anak kedua dari lima bersaudara. Sejak lulus sekolah, Eoin (baca: Owen) bekerja sebagai guru sekolah dasar. Mungkin karena pengaruh dari kedua orangtuanya yang juga bekerja sebagai guru. Cita-cita Eoin sendiri sebenarnya ingin menjadi seorang kartunis, apa daya belum terwujud. Eoin juga bekerja di beberapa negara seperti Arab Saudi, Tunisia, dan Italia pada masa 1992-1996. Baru pada tahun 1998, Eoin memutuskan untuk menulis Benny and Omar yang terinspirasi dari pengalamannya sendiri dan memenangkan penghargaan White Raven Award, sebuah ajang penghargaan untuk buku anak-anak di Jerman. Tahun berikutnya Eoin menerbitkan sekuelnya berjudul Benny and Babe. Sepertinya buku ini mengawali karirnya menjadi seorang penulis. Karena pada tahun 2001, Eoin berhenti dari pekerjaannya dan mendedikasikan hidupnya untuk menulis. Pada tahun ini jugalah Artemis Fowl lahir dan menjadi rebutan beberapa penerbit.

Saat ini Eoin Colfer masih tinggal di Irlandia bersama sang istri dan 2 orang anaknya. Dalam sebuah wawancara, Eoin mengaku menyukai William Boyd, penulis novel fiksi yang dikatakannya cerdas dalam membangun karakter tokoh-tokohnya. Ian Flemming, penulis James Bond, memberi restu pada Boyd untuk menggunakan tokoh fiksinya (Bond) dalam novel. 

Eoin menyukai musik-musik rock dan mengaku dirinya menggemari David Bowie, Queen, dan Pink Flyod. Dalam menulis, Eoin punya spot tersendiri, di dalam bangunan bekas kandang kuda yang sudah direnovasi ulang untuk tempatnya bekerja (menulis), dengan kaca-kaca patri warna-warni dan hiasan leprechaun yang disukainya.



Nama Eoin Colfer baru mencuat setelah buku Artemis Fowl terjual dengan cepat, sampai-sampai dibandingkan dengan fenomena Harry Potter. Tokoh Artemis yang digambarkan berusia 12 tahun, egois, angkuh, sarkastis, jenius, tidak bersimpati pada orang lain asal dirinya mendapatkan apa yang diinginkan, menarik kalangan pembaca bukan hanya dari usia anak-anak tapi juga yang dewasa. Perkembangan karakter Artemis juga menarik diikuti dari tiap volume buku, hal yang tidak biasanya terjadi di buku Middle Grade dengan banyak aksi heroik, sementara Artemis lekat dengan stereotip anti-hero.

Eoin juga bermain-main dengan teknologi di sini, dengan membuat peri-peri berpengetahuan luas dan setiap teknologi yang dimiliki manusia adalah berkat hasil curian dari teknologi peri. Insipirasi terhadap polisi peri, Eoin dapatkan dari serial TV lama berjudul "Hill Street Blues". Meski serial televisi tersebut bukan bergenre supernatural, Eoin merasa terkesan sekali sehingga beliau membuat karakter Holly, sang peri polisi kita.

Sudah ada 2 buku pendamping bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang Artemis Fowl: 
 dan 

Juga ada versi komiknya kalau kalian mau:

Cuplikan isinya seperti ini: 

Eoin Colfer menulis serial Legends untuk pembaca anak-anak dan O'Bryan's Flyers. Jadi Penfi tidak akan mengangkat itu. Bukunya yang juga mendapuk ketenaran adalah The supernaturalist:
Berkisah tentang Cosmo Hill, anak laki-laki berusia 14 tahun hidup di masa depan bersinggungan dengan teknologi canggih dan makhluk tak kasat mata. Cosmo Hill dibuang oleh orangtuanya karena dianggap menyusahkan. Dalam panti asuhan pemerintah, anak-anak seperti Cosmo dijadikan bahan percobaan tanpa memedulikan keselamatan atau kesejahteraan mereka. Mereka sudah jadi anak buangan secara harfiah. Ketika memutuskan untuk kabur, Cosmo bertemu dengan sekelompok anak-anak yang menyebut diri mereka Supernaturalist, karena mereka memiliki kemampuan yang sama seperti Cosmo: bisa melihat makhluk parasit yang menyedot energi kehidupan manusia. Para Supernaturalis ini berkeliaran di kota-kota untuk melawan Parasit. Tapi Cosmo kemudian menemukan suatu kenyataan yang akan mengubah hidupnya. Buku ini terbit tahun 2005 dan hanya ada satu volume. Versi novel grafisnya sudah terbit juga:

Bagi kalian yang menyukai kisah penjelajah waktu, bisa dicek buku ini:




Riley adalah remaja yang hidup di era Victoria Inggris, dan tiba-tiba saja dia tersedot masuk ruang waktu dan terlempar ke abad 21. Bersama agen FBI muda, Riley harus melarikan diri dari pembunuh bayaran yang bisa menjelajah waktu untuk membunuhnya. Aksi kejar-kejaran melewati ruang waktu ini bisa menarik untuk kalian yang menyukai kisah bertempo cepat. Untuk serial detektif remaja lain, kamu bisa cek Half Moon Investigation dengan latar belakang dunia paralel dimana anak-anak bisa menjadi detektif setelah lulus dari akademi detektif tentu saja. 

Eoin Colfer memang mengkhususkan diri menulis buku-buku Middle Grade dan anak-anak yang lebih muda lagi. Tapi ada juga serial detektif dewasa yang bisa kamu cek, serial Daniel McEvoy sudah terbit 2 volume dengan judul Plugged dan Screwed. Beliau juga dipercaya menulis sekuel Hitchhiker Galaxy volume 6  berjudul "....And Another Thing". Satu serial populer lain yang dipercayakan pada Eoin Colfer adalah Doctor Who.


Buku lainnya yang bisa masuk daftar harus baca kalian mungkin adalah Iron Man: The Gauntlet. Sebuah usaha dari Marvel untuk menggaet pembaca novel remaja.



Gimana? Om Colfer produktif ya hahaha. Kalau kalian belum pernah membaca satupun karyanya, bolehlah dicicip dahulu. Kebetulan Artemis Fowl baru dicetak ulang dengan cover baru yang menarik hati. Silakan diburu.....



Credit:
- Wikipedia: Eoin Colfer.

- Quickfire Interview on The Guardian.
- A Writer's life: Interview on The Telegraph.
- One Minute with Eoin Colfer The Novelist: Interview on The Independent.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar