9 Novel Terjemahan Bertema Naga

Naga, dengan segala kemegahannya sebagai makhluk purba yang misterius, menjadi karakter sentral dari dunia perfantasian novel-novel. Seringkali digambarkan elegan tapi menyeramkan dan buas dengan mata purba yang seolah mengetahui rahasia dunia. Bisa jadi memang seperti itu. Karena itulah, banyak penulis yang terpesona dengan makhluk satu ini. Let's see novel-novel naga yang sudah diterjemahkan.



1. Temeraire Series oleh Naomi Novik



Temeraire adalah nama seekor naga dari ras Tiongkok yang langka. Telur Temeraire nyasar ke Inggris dan memberikan koneksi batinnya kepada kapten kapal laut Sir Laurence. Berlatar belakang abad ke-19 ketika Inggris berperang dengan Perancis yang saat itu memiliki panglima perang brilian, Napoleon. Pada masa perang tersebut, naga digunakan untuk kendaraan perang di angkasa. Masing-masing negara memiliki kapten-kapten yang memiliki koneksi batin dengan para naga. Jadi kamu bisa melihat varian para naga di seluruh belahan dunia. Di sini bukunya hanya diterjemahkan 3 saja, sementara keseluruhan serinya ada 9 buku.

Temeraire's Illustration created by DanielGovar



2. Drachenreiter: Sang Penunggang Naga oleh Cornelia Funke



Target pembacanya anak-anak, tapi tentu saja bisa dinikmati semua kalangan usia. Dalam buku ini disebutkah bahwa tempat tinggal naga dalam bahaya, maka diutuslah Lung untuk mencari tempat di Himalaya. Lung ditemani para penunggang dan dalam perjalanannya mereka harus menghadapi para kurcaci jahat, naga emas ciptaan sang alkemis yang beniat jahat, peri-peri jail, jin bermata seribu, dll. Buku ini tadinya hanya berupa stand alone, tapi mama Cornelia memutuskan untuk membuat sekuelnya. Belom tuntas kok buku keduanya, jadi buku pertamanya ini tetap bisa dinikmati secara stand alone.



3. Seraphina oleh Rachel Hartman



Di dunia ini, Naga hidup berdampingan dengan manusia. Hanya saja, para naga ini bisa bertransformasi menjadi manusia dengan ciri-ciri fisik berupa sisik di beberapa tempat pada tubuh mereka. Tadinya para naga dan manusia berperang memperebutkan wilayah tempat tinggal. Akhirnya pakta perdamaian pun dibuat dan kini para naga bisa ikut dalam diplomasi politik manusia. Tokoh utama dalam buku bernama Seraphina yang punya kemampuan bermusik dan merupakan salah satu ras naga. Kisahnya dimulai ketika ada pembunuhan di dalam istana kerajaan manusia dan kaum naga dituduh sebagai pelakunya. Perdamaian antara manusia dan naga pun terancam. 

Buku ini sudah ada sekuelnya berjudul Shadow Scale tapi belum tahu akan dibuat jadi berapa seri. Buku pertamanya bisa dinikmati tanpa akhir yang menggantung kok ^-^



4. Inheritance series oleh Christopher Paolini



Inheritance series bercerita tentang dunia Alagaesia yang dulunya pernah punya naga berikut penunggangnya. Mereka dikabarkan sudah punah sekarang kecuali satu naga yang dimiliki penguasa tiran, Galbatorix. Raja itu tidak menginginkan ada naga dan penunggang naga lain selain dirinya. Tetapi kemudian ada sekelompok orang yang mencuri telur-telur dari istana sang raja dan salah satunya nyasar ke Eragon. Ketika menetas, naga tersebut mengklaim Eragon sebagai penunggang berikutnya dan Eragon memberinya nama Saphira karena sisiknya yang berwarna biru. Kini, karena Eragon adalah penunggang naga baru, dia harus melatih dirinya agar bisa bertahan hidup dari kejaran anak buah Galbatorix yang ingin merebut Saphira. 

Semua bukunya sudah diterjemahkan, termasuk Inheritance Almanac yang berisi glosarium.

Saphira's Illustration created by Kiwi-ingenuity123



5. The Hobbit oleh J.R.R. Tolkien


Alkisah di dunia Middle Earth ada naga merebut tempat tinggal para kurcaci dan menjadikannya sarang baru untuk menimbun harta. Jadi, bertahun-tahun kemudian, saat dikira sang naga sedang hibernasi, para kurcaci berangkat untuk merebut kembali gunung tempat tinggal mereka, dibantu oleh penyihir abu-abu, Gandalf. Dan penyihir tersebut ikut merekruit ras manusia pendek yang disebut Hobbit sebagai 'pencuri' karena Hobbit, dengan kakinya yang berbulu itu, cocok menyusup diam-diam. Sayangnya, Smaug, nama naga serakah itu, tidak akan pergi dari gunung, tanpa perlawanan. Novel ini adalah kisah pertama yang akan menceritakan asal-usul Cincin bertuah yang menjadi pusat kericuhan di trilogy Lord of The Ring. 



6. How to Train Your Dragon series oleh Cressida Cowell



Total buku ada 12! Hahaha, iya, novel ini adalah novel yang mengawali karir Toothless sebagai aktor paling populer di film yang berjudul sama. Tapi kisahnya dalam buku beda banget dengan filmnya. Toothless yang asli ukurannya mini imut, kelakuannya kek kucing yang penakut, gak pedulian, pintar, dan egois. Hiccup adalah majikannya, atau kebalikannya ya? Buku ini berisi cara-cara Hiccup melatih seekor naga yang nantinya akan membuatnya terkenal dengan julukan Pawang Naga. Barangkali kalian mau ikut belajar dari Hiccup? Sayangnya di sini bukunya cuma terbit 5 saja.



7. Talon series oleh Julie Kagawa



Shapeshifter naga yang tersembunyi. Mereka di'tetas'kan dan dilatih dalam komunitas rahasia yang ingin memanfaatkan mereka. Hidup terkurung selama 17 tahun, akhirnya kedua bersaudara naga ini bisa keluar tinggal di dunia manusia untuk berlatih beradaptasi. Tapi kemudian mereka diburu oleh sekelompok manusia yang tahu tentang keberadaan mereka. Amber dan Dante pun harus menghadapi takdir mereka dan sekaligus mencari tahu kenapa mereka diburu.

Direncanakan ada 5 buku dan sudah terbit 4. Di sini baru diterjemahkan Talon dan sekuelnya Rogue.



8. Firelight Trilogy oleh Sophie Jordan



I know what you're thinking, sampul versi terjemahan nggak menarik banget sih? Abaikan itu dan coba cari bukunya untuk dibaca. Jacinda adalah seorang draki, naga yang bisa beralih rupa menjadi manusia. Saat dirinya lepas dari upaya perlindungan ekstrim dari kaumnya, hanya untuk mencicipi sedikit kebebasan, dia ternyata diburu. Dan seseorang kemudian menyelamatkannya, tanpa tahu kalau dirinya adalah naga. Tetapi naga disini bisa lenyap, seperti kekuatan sihir. Naga dalam diri Jacinda sedang kritis dan Jacinda bisa tetap menjadi manusia. Dia berusaha agar itu tidak terjadi.

Sayangnya Firelight hanya keluar 1 buku disini dan tidak dilanjutkan.



9. The Chronicles of Imaginarium Geographica oleh James Owen



 Dalam buku ini terdapat 3 tokoh pria yang semuanya di'undang' untuk mengarungi lautan menggunakan kapal naga. Yes, you read it correctly. Naga di sini diubah bentuknya dalam bentuk kapal dengan segala kemampuan sihirnya untuk berpindah dimensi. Mereka bertiga kemudian didaulat menjadi penjaga peta Imaginarium Geographica dimana para makhluk sihir tinggal. Tentu saja ada orang-orang atau kuasa jahat yang menginginkan peta tersebut jadi mereka harus segera berbuat sesuatu.

Serial ini terbit dalam 7 buku dan hanya diterjemahkan 1 buku saja di sini. Buku terakhir, The Dragon Knight adalah buku stand alone yang bisa dibaca terpisah, seperti kisah sampingan.




Di luar daftar ini, tentunya masih ada banyak novel yang di dalamnya menampilkan naga, seperti Harry Potter, The Last Dragonslayer, The Magic Thief, The Earthsea Cycle, Fablehaven, dll.
Semoga saja daftar yang ini cukup bermanfaat jika ingin mencari novel tentang naga.

Komentar