FAQ tentang Pelaksanaan Giveaway di Jagat PNFI

 Usai pengumuman pemenang #PNFINewYearGA lalu, muncul pertanyaan menarik:
"Apakah admin diperkenankan mengikuti giveaway?"

Sebenarnya, sejak awal PNFI terbentuk pun tidak ada larangan bagi admin untuk mengikuti giveaway selama admin tersebut bukanlah juri (sekaligus penanggung jawab) dan/atau sponsornya. Hal ini merupakan peraturan tidak tertulis yang berlaku secara umum baik di media sosial maupun di kalangan para admin PNFI.

Namun mengingat banyaknya anggota yang baru bergabung, hal ini tentu menuai tanda tanya. Apalagi jika dibandingkan dengan peraturan di komunitas lain: biasanya admin tidak diperkenankan mengikuti kegiatan berhadiah di grup, bukan? Hal ini tidak berlaku di PNFI. Prinsip Penfi, semua anggota (termasuk admin) berhak mendapat kesempatan yang sama untuk bersenang-senang. Jadi kalau ada hal-hal tidak nyaman yang membuat kesenangan Penefiers terhambat, langsung lapor ke Penfi ya ^_^

Nah, di sini Penfi akan mencatumkan FAQ (Frequently Asked Questions) seputar giveaway yang dilaksanakan di Komunitas Penggemar Novel Fantasi Indonesia. Pada FAQ ini juga tercantum peraturan yang sudah Penfi singgung tadi, agar jelas bagi rakyat PNFI.

sumber: eastsideco

1.    Apa itu giveaway?
Giveaway adalah kegiatan ‘bersyarat’ yang diselenggarakan oleh suatu pihak (dalam hal ini: PNFI) untuk membagikan hadiah secara gratis kepada pemenang yang menjadi pilihan dewan juri.

2.    Apa saja syarat mengikuti giveaway?
Syarat mengikuti giveaway disampaikan saat pengumuman giveaway dan wajib dilakukan oleh semua peserta giveaway. Peserta yang tidak melaksanakan salah satu dari persyaratan akan didiskualifikasi.

3.    Seperti apa bentuk pelaksanaan giveaway?
Bentuk giveaway sangatlah beragam, misalnya: lomba review, sayembara desain, kuis, cosplay challenge, dan berbagai bentuk lainnya sesuai kesepakatan dengan sponsor.

4.    Siapa yang menentukan syarat dan bentuk giveaway?
Hanya pihak sponsor dan juri yang berhak menentukan syarat dan bentuk giveaway. Selain kedua pihak tersebut, tidak ada admin/anggota PNFI yang mengetahui syarat dan bentuk giveaway sebelum diumumkan via media sosial PNFI.

5.    Kapan PNFI mengadakan giveaway?
Giveaway tidak dilaksanakan pada waktu khusus. Meskipun demikian, Penfi akan berusaha mengadakan giveaway minimal satu kali per bulan selama Penfi masih punya stok hadiah.

6.    Siapa saja yang BOLEH mengikuti giveaway?
Yang secara otomatis berhak mengikuti giveaway adalah anggota PNFI, yakni:
(a) anggota grup facebook Penggemar Novel Fantasi Indonesia,
(b) penyuka fanpage Penggemar Novel Fantasi Indonesia,
(c) pengikut akun twitter @PortalFantasi,
(d) pengikut akun instagram @PortalFantasi,
(e) pengikut blog portalpnfi.
Namun, ada pula beberapa giveaway yang bersifat eksklusif, misalnya hanya boleh diikuti oleh anggota grup facebook atau hanya dikhususkan bagi pengikut instagram @PortalPNFI.
Jika tidak tercantum persyaratan yang mengharuskan peserta untuk menjadi anggota PNFI, maka giveaway terbuka bagi publik. Namun perlu diingat bahwa pengumuman pemenang giveaway pun akan diumumkan di akun media sosial PNFI, jadi ya.. baiknya langsung gabung jadi anggota/penyuka/pengikut akun media sosial PNFI ;)

7.    Siapa saja yang DILARANG mengikuti giveaway?
Pihak-pihak yang DILARANG mengikuti giveaway adalah sponsor dan juri. Sebagaimana admin diperbolehkan menjadi sponsor giveaway, admin pun diperbolehkan mengikuti giveaway selama admin tersebut bukan sponsor maupun juri.

8.    Darimana hadiah giveaway berasal?
Hadiah giveaway berasal dari sponsor internal (admin dan/atau anggota PNFI) maupun eksternal (editor, penerjemah, penerbit, dll). Informasi lebih lanjut mengenai alur pengadaan giveaway, dapat dilihat dalam diagram alir (flowchart) berikut ini:


9.    Bagaimana cara PNFI mendapatkan sponsor eksternal?
Seperti halnya sponsor internal, sponsor eksternal yang berasal dari individu biasanya menghubungi admin via media sosial PNFI.
Untuk sponsor eksternal yang berasal dari penerbit, terkadang pihak (promosi) penerbit yang menawarkan, namun biasanya admin juga secara aktif mengajukan kerja sama (terutama menjelang acara-acara offline).

10. Apakah admin mendapat keuntungan dari sponsor?
Admin tidak mengambil keuntungan sedikit pun dari setiap giveaway yang diadakan, kecuali dalam kejadian khusus yang jarang terjadi, yakni jika pihak sponsor memberikan bonus hadiah khusus untuk admin. Bonus tersebut biasanya diberikan kepada admin yang belum memiliki buku tersebut melalui random quiz ATAU (karena biasanya admin sudah terlanjur beli) dijadikan hadiah giveaway bagi anggota PNFI.

11. Bagaimana cara mengajukan sponsor giveaway?
Silakan hubungi admin via media sosial atau surel (email) PNFI jika ingin menjadi sponsor giveaway. Selanjutnya, admin akan menghubungi sponsor untuk membahas periode, persyaratan, dan detail-detail lain seputar pelaksanaan giveaway.
Sponsor dapat memilih untuk memberitahukan namanya atau tidak. Biasanya hanya sponsor yang sedang berulang tahun atau yang berasal dari penerbit saja yang tidak menyembunyikan identitas, sedangkan sebagian besar sponsor memilih untuk menyembunyikan identitasnya. Seperti kata pepatah,
“Tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlu tahu!”
Sejak Februari 2017, admin yang menjadi sponsor wajib memberitahukan identitasnya*. Dengan demikian, admin lain (yang bukan juri dan bukan sponsor) diperkenankan mengikuti giveaway bersama dengan anggota PNFI.

12. Apakah peserta giveaway bisa mengetahui identitas sponsor?
Jika sponsor tidak mengizinkan identitasnya terungkap, maka juri tidak akan memberitahukan nama sponsor kepada peserta giveaway.
Jika sponsor mengizinkan identitasnya terungkap, maka juri diperkenankan untuk memberitahukan nama sponsor kepada peserta giveaway.

13. Siapa juri yang berhak menentukan pemenang giveaway?
Sponsor berhak menjadi juri dan/atau menentukan juri lain untuk menentukan pemenang giveaway. Mulai Februari 2017, nama juri wajib tercantum dalam pengumuman ketentuan dan persyaratan giveaway.

14. Apa kewajiban pemenang giveaway?
Secara umum, kewajiban utama pemenang giveaway adalah membaca buku yang menjadi hadiah giveaway. Selanjutnya pemenang diharapkan membuat ulasan dan mempromosikan buku tersebut, baik secara online maupun offline.
Perlu diingat bahwa ada beberapa giveaway yang mewajibkan pemenang untuk melakukan beberapa timbal-balik, misalnya membuat ulasan buku. Oleh karena itu peserta wajib membaca persyaratan dan ketentuan giveaway dengan baik untuk mengetahui ada atau tidaknya kewajiban yang sifatnya khusus.

15. Apakah semua yang tercantum di FAQ ini berlaku untuk semua giveaway PNFI?
Ya, selama tidak ada ketentuan yang menyatakan sebaliknya dalam pengumuman giveaway. Jadi, mohon baca setiap ketentuan dan persyaratan giveaway dengan teliti ;)

Ingat: GIVEAWAY terjadi bukan karena ada niat (sponsornya),
tapi juga karena ada kesempatan (dari admin).
Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!


*    : Hal ini bukan untuk kepentingan pamor atau ketenaran admin, melainkan untuk menjawab kegelisahan anggota PNFI yang mempertanyakan kemenangan admin di giveaway yang juga diadakan oleh ‘admin’ (padahal giveaway tersebut dilaksanakan oleh admin yang berbeda, tapi anggota tersebut tidak mengetahui hal ini karena nama admin penyelenggara –yang menjadi sponsor sekaligus juri– tidak diumumkan).

Komentar