Saran Penefiers untuk PNFI di Tahun 2017

Aloha, Penefiers ^^)/

Masih ingat dengan #PNFINewYearGA yang diadakan awal tahun ini?
Dari kuis berhadiah voucher buku senilai IDR 150k itu, Penfi mendapat banyak saran untuk perbaikan PNFI ke depannya. Nah, kini saatnya Penfi mendokumentasikan saran-saran dari Penefiers dalam blog ini!

Karena saran yang masuk sangat beragam, Penfi kelompokkan berdasarkan tema ya ^^

1) Keaktifan Media Sosial

(a) ''Blog sama ig (terutama ig) nya lebih sering diupdate yang seru seru dong. Info menarik kek gitu hehe ig  sepi euy'' - HO
Maklum nih, Penfi baru buat IG awal tahun ini.. semoga ke depannya semakin ramai ;)

(b) ''Lebih banyak lagi mempromosikan blognya di media sosial tentang info buku novel. Bikin instagram.'' - Y
Penfi sudah buat instagram, lho.. sudah follow belum?

(c) ''Lebih banyak lagi posting di blog dan instagram ttg nofan2 baik yg baru dan yg recommende'' - PI
Oke, jangan lupa cek grup facebook PNFI untuk update info yang termutakhir ^^

(d) ''Blog PNFI diurus. Banyak list buku2 yg masih ketinggalan jauh antara yang sudah diterjemahkan dan yg belum diterjemahkan.'' - SDL
Iya nih.. blog-nya kurang ramai ya, Penfi banyak terdistraksi kehidupan nyata(?) #eh

(e) ''Review buku-buku fantasi di blog diperbanyak ya! '' - BK
Hiks, siap kak.. *tertekan*

(f) ''Lebih promosikan pnfi di facebook dan twitter'' - NAH
Dengan senang hati, itu kan memang tugas Penfi :p

(g) ''Untuk grup FB, lebih dirapikan lagi. Diberi album foto berdasarkan kategori buku, mungkin. Buku baru, dystopia tahun ini, dll.'' - FA
Wow, album per genre? Menarik juga, tapi mungkin akan agak riweuh memisahkan buku-buku yang bisa masuk dua (atau lebih) kategori..

(h) ''Semoga PNFI selalu update dengan informasi novel-novel fantasi yang akan diterbitkan di Indoensia. Juga, selalu memberikan ulasan singkat (semacam tweet berantai kalau di twitter), atau quick review di caption instagram atau di fanpage FB). Tetap semangat!'' - NR
Aamiin, wah sepertinya makin banyak yang minta review novel-novel fantasi ya!

(i) ''makin aktif di IG & twitter'' - RSI
Aamiin.. eh, ini doa atau saran? .___.

(j) ''Lebih di perluas lagi media untuk menularkan kegemaran membaca novel fantasy kalo bisa ke Youtube atau instagram juga ^^ Adakan juga sering2 giveaway seperti ini untuk menarik perhatian orang banyak agar mereka mengenal apa itu PNFI dan mungkin saja mereka bergabung nantinnya.  Bisa buat juga buku fantasy kedepannya dan jadikan penulisnya adalah anggota dari PNFI itu sendiri.  Walau aku baru beberapa tahun kenal PNFI tapi aku merasa dengan adanya komunitas ini aku jadi semakin semangat membaca. '' - AR
Btw Penfi sudah punya instagram lho, tapi belum punya akun Youtube.. mungkin ke depannya akan dipertimbangkan. Oh iya, aamiin.. Penfi juga mau baca buku fantasi karya anggota PNFI! Rasanya senang mendengar kamu makin semangat membaca ;)

(k) ''Makin sering update di Instagram please...'' - CN
Roger!

(l) ''Semoga mulai aktif di instagram lagi dan mereview novel-novel fantasi '' - LE
Yosh, Penfi akan berusaha \(^0^)/

(m) ''Sering-sering kasih quotes-quotes dari buku-buku fantasi ya terutama buat yg di ig. Trus bisa jg tuh di ig buat review-review buku-buku fantasi baru atau recommended *soalnya seringnya buka ig*. Trus semangat buat admin-adminnya~ :D'' - CT
Siaaap, langsung Penfi sampaikan ke admin IG :3

(n) ''Lebih dibanyakin lagi bikin event-event giveaway kayak gini hehe sama mungkin bisa juga ditambah sosmed di OA Line soalnya kalau dari lingkunganku sendiri udah jarang yang pakai twitter dan kalau di instagram itu aku ngerasanya lebih terbatas buat sharing-sharing'' - SCR
Line, ya? Penfi ngurus medsos yang ada dulu ya, nanti kalau sudah teratur semua.. mungkin akan Penfi pertimbangkan untuk membuat OA Line ;)

(o) ''Semoga PNFI (dan member nya) semakin aktif juga di media sosial lain selain Facebook, seperti Twitter :)'' - SL
Aamiin, doakan semoga konsisten ya ^^

(p) ''Buat vlog buku yang keren'' - MSF
Hmm, vlog ya? Mungkin nanti bisa dipertimbangkan untuk di instagram :D

2) Acara Daring (Online Events)

(a) ''adakan pesta kostum fantasi'' - KAB
Cosplay Challenge, ya? Boleh juga nih, sudah lama Penfi nggak bikin lomba kostum ~0~

(b) ''Semoga PNFI menjadi komunitas yang semakin besar dan selalu menyajikan info dan event yang keren. Satu lagi, makin sering ngadain giveaway buku πŸ˜†'' - MEY
Aamiin :)

(c) ''Adain challenges tentang buku fantasi. Misalnya seperti foto challenge atau buat flashfiction tema fantasi atau lomba review. Lebih diaktifkan lagi untuk sosial medianya.'' - PA
Photo Challenge sedang berlangsung di Instagram @PortalPNFI dan lomba review juga sudah ada di Grup Facebook. Sepertinya dulu sudah pernah ada lomba menulis flashfiction, tapi kapan-kapan Penfi akan usulkan untuk lomba menulis flashfiction lagi deh :)

(d) ''Banyakin GA min *rusuh'' - LA
Kalau hadiahnya ada, diusahakan sering GA ^^

(e) ''Banyakin quiz nya kak :p'' - A
Doakan sponsornya banyak dong.. hihi~

(f) ''Buat acara reading challenge tiap bulan yang seru dan adain kuis fanart '' - DC
Wah, lomba membuat fanart terdengar menarik! Sambil Penfi tampung sarannya, boleh tuh ikut lomba desain jaket/kaus dulu kalau memang suka desain/gambar :D

(g) ''Lebih sering lagi mengadakan events, dan melibatkan banyak orang agar semakin banyak orang yang tertarik pada Novel fantasi. Sukses selalu PNFI:) '' - FAR
Yeay, makasih :3

(h) ''Semoga PNFI bisa terus lebih baik ke depannya, lebih sering update buku terbaru or info, adain event-event baru or konsep yang lebih menarik lagi, dan sering-sering adain GA haha'' - FEY
Duh, teuteup ya.. ujungnya 'sering-sering GA', hahaha XD

(i) ''Semoga semakin banyak giveaway :D'' - SY
Aamiin!

(j) ''Sering ngadain event dan games.'' - NAA
Sering ikutan juga dong..

(k) ''Sering-sering bikin giveaway :D Tapi bukan giveaway yang harus bikin cerpen, atau apalah yang berhubungan sama menulis. Soalnya, kadang, mau ikut GA, tapi bikin cerita. Ngga jago/.\'' - SRR
GA di Komunitas PNFI bentuknya beragam kok, Penfi berusaha mencari variasi berbeda.. kadang memang ada yang berhubungan dengan 'menulis' untuk memberi wadah bagi Penefiers yang memang hobi menulis ;)

(l) ''Saran nya lebih banyak share share novel yg bikin khilaf, lebih banyak review nyaa biar manusia-manusia awam seperti saya gak salah beli, lebih solid ke depannya, banyakin lelang buku buku kerennya.'' - VBFL
Hahaha, ((bikin khilaf)) ya.. selamatkan dompet!

(m) ''Mengadakan lelang buku lebih sering? Ahaha'' - GL
Penfi curiga.. dirimu kebanyakan duit? -___- #eh

3) Acara Luring (Offline Events)

(a) ''Datang lagi yaa ke IRF.. Kalau perlu 2 booth sekalian hihihi πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰'' - DSD
Kalau.. cash PNFI mampu sewa dua booth sih, oke XD #eh

(b) ''Banyakin lagi event online dan offline-nya! 😁'' - FNM
Semakin banyak yang ikut event, semakin semangat Penfi mengkreasikan event-event lain ;)

(c) ''Lebih banyak lagi meng-infokan novel fantasi! Dan ikut berbagai macam acara agar semakin erat dengan member, thank you'' - VD
Hmm, acara untuk mempererat hubungan sesama member ya? *berpikir*

(d) ''Maksimalkan sosial media untuk menyebarkan virus membaca, adain acara baca bareng atau nonton bareng, adain kegiatan-kegiatan offline seru lainnya yang kalau bisa selain di Jakarta *peace*, banyakin giveaway hehe'' - IK
Baca atau nonton bareng selalu ada di wishlist Penfi, doakan segera terwujud ya >_<

(e) ''Mudah mudahan PNFI lebih sering menyelenggarakan event2, baik giveaway ataupun gathering sehingga penggemar2 novel fantasi di seluruh Indonesia dapat saling mengenal.'' - GRS
Sering gathering? Harus janji mau datang, lho XD

(f) ''Semoga kedepannya PNFI lebih sering lagi mengadakan kopdar ^_^'' - RMI
Makanya tiap kopdar kudu banyak yang datang, supaya Penfi semangat menyiapkan kopdar berikutnya ^^

(g) ''Semoga PNFI lebih sering mengadakan acara'' - PM
Acara.. apa nih? Pernikahan? #eh

(h) ''Semoga PNFI makin sering mengadakan event di sosmed atau festival :)'' - JL
Festival? Maksudnya Penfi ikutan 'Festival Pembaca Indonesia (IRF)' atau PNFI buat festival sendiri, nih?

(i) ''Sering bikin event offline yaa...kalau perlu datengin penulis-penulis novel fantasi Indonesia atau luar negeri :)'' - SN
MAUUU, doakan suatu saat nanti tercapai ya.. minimal dengan penulis dalam negeri dulu deh :p

(j) ''CFD nya diwujudin kaks, banner dah ada, bannerman dah siap. Sama mungkin bisa famgath(ato fangath?) ma fandom ato komunitas lain. Komunitas fotografi gitu mungkin, nanti orang baca buku jadi objek foto #apa'' - GAS
...wacana gathering pas Car Free Day ini sebenarnya masih rahasia, lho...

(k) ''Sarannya mungkin supaya lebih banyak membuat thread-thread diskusi sesama member, secara online (misalnya bikin group FB, bukan page) maupun offline (terutama di daerah-daerah luar jawa). Makasih, sukses selalu PNFI =)'' - U
Anu.. Hmm.. PNFI sudah punya grup facebook sejak awal berdiri, lho .___.

(l) ''Bikin acara di luar Jakarta dong... Minimal di kota2 besar lain. Hehehe'' - RAU
Boleh, kalau ada Penefiers yang mau siapkan :)

(m) ''Sekali2 adain acara di luar jakarta dong... Minimal di kota besar lain hehe'' - RAU
Idem, sampai dua kali isi kuis ya buat tulis saran begini :))

(n) ''Lebih dibanyakin gatheringnya, terutama yang di luar jabodetabek :)'' - DAI
((Luar Jabodetabek)) ... ((Luar Jabodetabek)) ... ((Luar Jabodetabek)) ... *bergema*

(o) ''Sebaiknya review novel-novelnya diperbanyak, semakin sering juga ngadain event-event di luar kota. Semoga PNFI semakin sukses.'' - NWM
*masih bergema* ... ((Luar Kota)) ... ((Luar Kota)) ... ((Luar Kota)) ...

(p) ''Selamat tahun baru, guys! Kasih saran apa ya.. 
Bukan saran sih, tapi tanya. Kira-kira, kapan PNFI bikin acara di luar Jakarta? MiGaringnya sekali-kali di luar kota gituuu :)'' - KS"
Kapan? Kapan.. Kapan.. Kita berjumpa lagi.. mungkin esok.. atau di lain hari..

(q) ''Semoga ke depannya lebih byk kegiatan seru...semoga jg PNFI mengadakan kegiatannya di kota2 lain jg...pasti banyak anggota PNFI yg berada di luar Jakarta.. termasuk saya..semoga semakin sukses..'' - RA
*overload request acara luar kota* ..... *beep beep*

(r) ''Semoga PNFI semakin merambah dunia fantasi di seluruh nusantara. Tidak hanya online, tetapi offline. Dan kopdar tidak terpusat di Jakarta saja. Semoga berkembang seperti komunitas Indo Harry Potter, yang masing-masing daerah bisa kopdar masing-masing'' - ASN
Aaamiiin, doakan PNFI makin jaya dan bias adakan kegiatan di luar kota ya :*

(s) ''P N F I
1. Perbanyak acara yang seru
2. Jadikan diskusi novel fantasi sebagai quality time
3. Kuatkan ikatan kebersamaan semua anggota'' - FLR"
Penfi juga mau buat acara diskusi, tapi untuk menghindari spoiler ke Penefiers lain yang belum baca.. kayaknya harus diskusi tatap muka nih :)

4) Update Info Novel Terbaru

(a) ''Makin sering update dong min😜'' - FNH
Waduh, ternyata Penfi masih kurang update nih?

(b) ''Makin update infonya '' - MS
Hati-hati, makin update berarti bisa makin banyak daftar buku yang masuk ke wishlist kalian lho XD

(c) ''Mungkin dengan mengenalkan novel fantasi yang tidak terlalu berat untuk para pemula yang ingin mengenal genre fantasi.  Menjelaskan dan memberikan rincian untuk novel-novel fantasi yang akan terbit dan diterjemahkan di Indonesia. '' - H
Siap, dan jangan sungkan kalau mau bertanya di grup facebook karena pasti akan banyak anggota PNFI yang akan bantu Penfi memuaskan rasa ingin tahu kamu :)

(d) ''Saran bagi PNFI agar terus merekomendasikan buku-buku keren, terus bikin acara-acara keren, dan yang terakhir terus jadi grup keren kepunyaan bangsa Indonesia #looh @_@ Sekian Terima Kasih'' - SR
Penfi akan terus berusaha meracuni Penefiers dengan info buku dan acara keren! Terima kasih atas doanya, semoga PNFI bisa jadi sekeren yang kamu harapkan >/\<

(e) ''Selalu update novel fantasi terbaru.'' - RW
Aye aye, Captain!

(f) ''Semoga kedepannya menjadi lebih baik lagi, lebih menambah wawasan tentang buku fantasi lainnya'' - GA
Aamiin~

5) Lain-Lain

(a) ''Ganti nama, tambah SF'' - S
Hihihi, cakupan bahasan PNFI bertambah tapi namanya belum berubah ya XD

(b) ''Lebih banyak bahas novel yang belum diterjemahkan, biar jadi bahan pertimbangan diterbitkan juga disini. Coba untuk dukung nofan lokal, dengan membahas nofan lokal yang pernah terbit.'' - RP
Menarik nih, yuk segera dimulai :)

(c) ''PNFI bisa menjadi perantara dan jembatan penulis dengan penerbit,agar penerbit bisa mendapatkan penulis yg berkualitas dan pembaca juga mendapatkan buku yg berkualitas'' - R
Aamiin, semoga suatu saat eksistensi PNFI bisa berperan sedemikian penting >/\<

(d) ''jgn galak galak sama newbie di grup fesbuk yg belom tau rule wkwk, selain itu udah ketjeh abiz.'' - RFA
Ahahaha, masih ada admin yang galak ya? Mungkin maksudnya 'tegas', supaya tidak pilih kasih dengan Penefiers yang lain. Kalau terlalu galak, silakan kritik ke admin yang menurutmu paling baik.. nanti Penfi bantu tegur ;)

(e) ''Setiap anggota yang baru agar dimention ke post kerajaan (rules), biar bisa dibaca dan dipahami, dan tidak ada alasan lagi buat belum dibaca. Tidak boleh memakai singkatan dalam post apapun di group facebook, termasuk di komentar. Ini opini pribadi sih, karena kita ada hubungan dengan kata-kata, jadi lebih baik kalau kita menerapkan di group kesayangan kita ini. '' - DAO
Nah, yang ini justru ingin lebih strict. Fyi, Penfi berusaha cari balance antara 'strict' dan 'fun' supaya semua anggota merasa senang dan nyaman di PNFI ^^

(f) ''bikin pernak pernik PNFI, misal kaya mug gitu, selain jaket dan kaos (itu juga mau lagi sih XD ) ohiya, bikinin karakter Penfi donks, kesian si Penfi ga ada wujudnya XDDD'' - N
Penfi pernah buat mug, gantungan kunci, sticker, dan bookmark tapi waktu itu hanya untuk hadiah di IRF. Mungkin nanti setelah PNFI buat jaket/kaus lagi, Penfi akan pertimbangkan buka PO untuk Goods PNFI ya :)

(g) ''Dear Pejabat PNFI, bikin merchendaise dong untuk kami rakyat jelata yang haus akan belaian buku baru. Bikin jacket, binder, pin, or apapun biar ada kenang-kenanangan buat diri sendiri. Memang sih kenangan itu bisa disimpan di hati, tapi pengin gitu ada tanda pengenal kalau 'ini lho aku juga bagian dari PNFI'. Barangkali ketemu jodoh di jalan tanpa sengaja yang juga sama-sama anggota PNFI. hehehe. Semoga PNFI jalan terus, aktif terus, makin seru event nya. Cheers, Book Dragon markas Tangerang.'' - AI
Siap, semoga bisa cepat buat PO Goods PNFI supaya cepat ketemu jodoh di jalan. Yeay! #salahfokus

Selain itu, ada beberapa saran yang lebih mirip kesan atau doa..

(a) ''Sarannya agar PNFI terus menjadi lebih baik lagi sebagai tempat naungan bagi para  kaum yang selalu haus akan timbunan yang entah kapan keinginan itu akan berakhir dan selalu membuat dompet menjerit. #apaini Be better lah poko 😁'' - NAN
#SelamatkanDompet XD

(b) ''Semoga PNFI semakin sukses kedepannya dan membuat  semakin banyak orang membaca dan menyukai novel fantasi.'' - LY
Aamiin :)

(c) ''Saranku untuk PNFI ditahun yang baru ini *walauudahJanuariakhir :3 agar PNFI lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya, tetep jadi tempat rekomendasi novel keceh yang bikin aku kalap di deretan rak buku, PNFI better lah. #plisinibukansaran :3'' - CA
AAMIIN >/\<

(d) ''Gengs..i just love you all..thanks for being there and having me for this years..my lovable booknerds..^^'' - GO
Love you too, Penefiers.. Thank you for always being here with Penfi :*

(e) ''Ku cinta PNFI. Selalu bangga waktu bilang aku tergabung dengan komunitas ini :) ku selalu sayang PNFI walau memang as always jadi silent reader dimana mana. Tapi ku benar benar sukak dengan PNFI. Berasa punya keluarga yang punya kesenangan yang sama. Kadang suka ngerasa weird sendiri gitu karena banyak yang ngaggep suka Fantasi itu freak. Tapi dengan hadirnya PNFI aku merasa punya teman wehehehe jadi mewek ini :(( tapi bahagia. Pokoknya cinta PNFI ihh sampai kapanpun hehehe :D'' - AMD
*peluk* Mari kita menjadi freak bersama-sama, who cares what people say ;)

(f) ''Semangat terozz kakak kakak PNFI :)) maaf saya suka jadi silent reader dimana mana. Tapi sejujurnya diam diam ku cinta pada PNFI dan ku selalu bangga karena berada dalam naungan kalian. Ku cinta PNFI. Semoga kedepannya terozz langgeng yak sampe akhir hayat bumi ini. Terozz rajin adain hal hal positive lewat buku fantasi. Ku cinta PNFI dan kakak2nya juga. Muahh'' - AMD
Penfi cinta kamoeh jugaaa, sampai dua kali isi kuis demi memberikan pengakuan cinta ke PNFI :))

(g) ''Lebarkan sayapmu selebar-lebarnya nak. Seneng dan terharu telah menyaksikan lahirnya PNFI dari mulai rusuh di fanpage penerbit sebelah sampe akhirnya ngebentuk komunitas tersendiri dan sedikit demi sedikit sudah mulai meperlihatkan taringnya (?) Terus eksis ya guys! :')'' - FD
Penfi dipanggil 'nak'? Baiklah, Pa.. terima kasih sudah menyaksikan perjalanan hidup Penfi di dunia ini sejak Penfi lahir hingga kini sudah tumbuh gigi taring :") *ternyata Penfi drakula*

(h) ''Sejauh ini menurut saya PNFI sudah cukup baik.'' - TN
Terima kasih atas penilaiannya ^^)y

(i) ''sering2 bikin giveaway ya, hahaha *plak* overall PNFI udah oke banget, gak ada yang bisa dikomplain ;)'' - EL
Ah masa, pasti ada deh yang bisa dikomplain.. hihi~

..serta beberapa lainnya yang bikin Penfi agak bingung XD

(a) ''..pertanyaan paling susah. Sarannya boleh apa aja kan? Boleh. Oke. Saranku kalau ada jawabanku yg salah tolong abaikan aja. Anggap aja betul. #dikeplakpakeinheritance'' - LR
...dih -___- Hahaha~ (1)

(b) ''Beri saya hadia giveawaynya :D'' - F
...dih -___- Hahaha~ (2)

(c) ''Semoga menang :)'' - BID
Aamiin, tapi maaf dirimu belum menang. Coba lagi ya! ;)

(d) ''Apa ya? Mmm... Mungkin bisa dateng ke sekolah saya.. Berkolaborasi dengan klub drama untuk menggalang dana... Or anything else, hehehe...'' - SAZ
.....ini maksudnya apa, SAZ? .___. (1)

(e) ''Ngadain acara di sekolahku!!'' - SAZ
.....ini maksudnya apa, SAZ? .___. (2)

(f) ''jangan lelah untuk terus memperkenalkan novel fantasi kepada seluruh masyarakat Indonesia baik novel fantasi indonesia atau dari luar'' - FEH
Siap, Penfi akan berusaha \(^0^)/

(g) ''Bersatulah dalam kebaikan! Terus dalam fantasi!'' - WM
Merdeka! Maju terus, pantang mundur!

(h) ''Keep moving forward'' - ML
Yeah~

(i) ''Keep up the good work'' - RSH
Roger..

(j) ''Lebih keren lagi ya kak :D'' - CR
Oke, dek(?)

(k) ''NENEK SEMANGAT!!!!! HAHAHA'' - M
Duh, kok malah titip salam ke neneknya sih..

(l) ''Rasanya agak kesulitan untuk mention PNFI di facebook. Mungkin lain kali format mention di facebook bisa diperjelas.'' - ARE
Ini.. soal persyaratan #PNFINewYearGA, ya? Langsung ketik @Penggemar Novel Fantasi Indonesia aja kok :)

(m) ''Saran ya... semoga adminnya yg bernama NL lebih rajin lagi dalam membantu pekerjaan admin lain, hahahahaha...'' - NL
Admin NL, mengapa dirimu kritik diri sendiri? *peluk*

(n) ''Tetap semangat dalam menyebarkan virus membaca ke seluruh penjuru dunia! Dan sabar menghadapi anggotanya (dan adminnya) yang unik-unik xD'' - FJI
Hihihi, namanya juga komunitas.. kudu pinter-pinter memahami semua anggota (dan admin) komunitas. Kalau ada apa-apa, disampaikan saja supaya kedamaian tetap terjaga :)) *bgm: perdamaian.. perdamaian.. banyak yang cinta damai..*

(o) ''Tingkatkan terus '' - DK
...apanya? Tapi, oke deh :p

(p) ''Tetaplah selalu dalam keberagaman!'' - AD
Keberagaman genre favorit, ya? XD

(q) ''Dipermudah lagi pertanyaan-pertanyaan dalam kuis yang diselenggarakan. Lebih banyak memposting novel-novel fantasi penulis Indonesia. Yang terakhir, jangan terlalu sering membaca novel fantasi, karena bisa membuat kita lupa dimana kita berada. Ingatlah kita hidup pada dunia nyata, bukan dunia fantasi. Sesekali sebagai hiburan itu sudah cukup.'' - DAP
Jadi.. Penfi.. nggak boleh terlalu sering baca novel fantasi.. gitu? T___T

Terima kasih atas saran-saran yang tentu akan bermakna besar bagi perbaikan Penggemar Novel Fantasi Indonesia ke depannya ^_^

Komentar

Posting Komentar