Booklicious May!

Bagi kalian yang bingung mau baca apa bulan Mei ini, Penfi mau kasih rekomendasi novel-novel yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. 

Buku-buku yang direkomendasikan datangnya dari rekan-rekan Penfi yang baru saja selesai membaca buku bulan sebelumnya. So, let us see...






1. Legend Trilogy - Marie Lu

IG/Twitter: @SulhanHabibi, Blog: mshabibi.blogspot.co.id
Trilogi distopia yang ini sayangnya tidak mendapat sambutan yang hangat di sini meskipun di luar sana Marie Lu terkenal gara-gara seri ini. Mungkin karena covernya yang kurang mengundang (tak seperti gerimis). Rekan Penfi pun mengakuinya. Katanya buku ini ditimbun bertahun-tahun sampai lahir anak hingga cucu (berupa buku, dalam kata lain timbunannya meninggi :v), baru dibaca karena ingin membaca cerita yang temponya cepat dan banyak aksi. Dan buku ini memang mendapat banyak rekomendasi jika kalian menyukai buku-buku bertempo cepat dengan penuh ketegangan, kejar-kejaran, dan banyak ledakan. Kisah romansa (ini buku Young Adult, jadi dipastikan ada kisah cintanya, bukan spoiler yak hehehe) antara dua karakternya pun begitu realistis, bukan yang tiba-tiba dan penuh bara api hasrat tapi juga ada kerapuhannya, kerentanannya, rasa takut antara dua pribadi yang berbeda. Di sini pula ditunjukkan bahwa pria bisa begitu emosional dan wanitanya bisa sangat memegang logika. Itu beda dari stereotip karakter-karakter mary sue dan gary stu kan?  Coba baca saja dan buktikan sendiri ;)




2. Lockwood & Co. Series - Jonathan Stroud 

IG: @ambudaff
Jonathan Stroud sudah lebih dulu terkenal lewat trilogi Bartimaeus dengan jin kesayangan kita itu. Jadi buku-buku barunya sekarang selalu dinanti. Lockwood & Co. adalah serial terbarunya. Menurut rencana Stroud, serial ini akan dibuat dalam 5 buku dan sudah diterjemahkan 3, yang ke-4 sedang dalam proses. Meskipun ini masuk kategori Young Adult, tapi cukup aman dibaca anak-anak. Kalau nggak takut sih mwehehe.... Yakin deh buku ini sangat disukai rekan-rekan Penfi karena ceritanya yang unik dan karakter-karakternya yang lucu-lucu (yang ngeselin ada juga haha). Ceritanya cukup horor, jadi mungkin nggak cocok dibaca bagi yang penakut. Tapi juga sangat seru karena agen-agen penangkap hantu harus mati-matian membasmi hantu. Seperti Ghostbuster tanpa teknologi karena di buku ini teknologinya jadi nggak maju-maju karena mereka mendapat wabah hantu. Kalian bisa melihat London dalam semesta alternatif ketika hantu merajalela dan anak-anak berusia 16 tahun ke bawah-lah yang harus menjaga orang-orang dewasa.




3. Tunnels series - Roderick Gordon dan Brian Williams

Kiri: by Greenie Onie, Kanan: by Maryana

Total buku ada 6 dan semuanya sudah diterjemahkan dengan tuntas dan selamat. Buku ini menceritakan sebuah dunia kompleks di mana penduduknya hidup di bawah bumi dengan terowongan-terowongan yang akan membuatmu terasa pengap dan sesak karena gambarannya yang begitu detil. Dikisahkan dengan gelap dan kelam, juga lambat, tapi rupanya mampu membuat rekan-rekan Penfi jatuh cinta. Buktinya buku-bukunya sudah sulit dicari, kecuali yang belum lama diterbitkan yaitu buku terakhirnya, The Terminals. Berikut komentar dari rekan-rekan Penfi:

Sebut saja M: "World buildingnya keren, tapi ceritanya lambat. POV-nya dari Will dan ayahnya, jadi greget."

Sebut saja RJ: "Aku bayangin Rebecca mirip Angelica Pickles di Rugrats"
---ditimpali M: "Angelica keren gedenya." 
----ditimpali DA: "Angelica? 'dasar bayi-bayi bodoh'"
-----(lalu jadi bahas Rugrats)----(kita lanjut aja)

Sebut saja FD: "World building mantap, mendetil, tapi jadinya lambat. Di 3 buku terakhir alur bukunya mulai cepat karena sudah diceritain detilnya di buku-buku awal. Twistnya oke!"

Jadi kesimpulannya, kalau kalian sabar, maka tidak akan kecewa membaca buku ini. Coovernya yang seragam pun jadi instagramable kan kalau dikoleksi? Fufufu...



4. Five Kingdoms series - Brandon Mull

IG: @fairy.t4l3s
Di jagat PNFI, buku-buku Brandon Mull juga sudah menempati hati para insan belianya. Dimulai dari serial Fablehaven yang sekarang bukunya sulit didapat, lalu ada Beyonders Trilogy, dan sekarang ada serial baru The Five Kingdoms. Kakak Brandon Mull sepertinya ingin menciptakan semesta baru yang menghubungan Beyonders, Five Kingdoms, dan serial lainnya yang akan digarap di masa yang akan datang. (Penfi punya hidung ajaib yang bisa mencium masa depan. Jangan tanya). Jadi jangan heran kalau buku yang ini 'bau-baunya' mirip dengan Beyonders. Anak bumi yang masuk portal lalu masuk ke dunia lain dan menurut rekan-rekan Penfi kali ini petualangannya seru banget! Dunia-dunianya juga amat menarik dengan istilah-istilah sihir yang awam di telinga kita.  Direncanakan akan ada 5 buku untuk serial ini dan sudah diterbitkan 2 buku di sini. Semoga bisa cepet-cepet diterbitkan juga yang lainnya ya. Karena serial ini cukup baru di sini jadi kalian masih bisa mencarinya di toko-toko buku online. Cepat beli sana, mumpung masih 2 biji! :D




Gimana, apa itu membantu?   




Catatan: komentar yang salah sudah diperbaiki, awalnya Penfi menyebut Rebecca sebagai Angelica. Ada perbaikan typo-typo dan penambahan sedikit keterangan. Maaf atas keteledorannya dan terima kasih atas jawabannya :)

Komentar