Mencari Penulis Self-Published untuk PNFI Reader's Choice Awards


Haluaaaa, Penfi datang lagi dengan sebuah permintaan dan pengabulan keinginan. Hehehe

Seperti yang kita tahu, Penfi mengadakan Penghargaan Tahunan untuk buku-buku bergenre fantasi, fiksi ilmiah, dan distopia yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan di Indonesia oleh penerbit berbadan usaha. Tentu saja itu sebagai apresiasi kami terhadap usaha penerbit dalam menelurkan karya-karya kece kepada pembaca budiman (ehem!). Karya-karya tersebut juga termasuk yang diterbitkan penulis luar negeri dan dalam negeri. Walaupun yang terakhir itu sangat jarang ada, tapi bukan berarti tidak ada. 

Penulis genre spekulatif dalam negeri ini seringkali menerbitkan bukunya secara self-publishing, yang artinya tidak melalui penerbit berbadan usaha dan seringkali hanya berupa Print On Demand (POD) atau hanya mencetak beberapa buku sesuai permintaan atau bahkan e-book. Karena ada begitu banyak penulis yang mencetak secara self-publishing, Penfi kesulitan mendata buku-bukunya dan oleh karena itu tidak menyertakan karya ke dalam Album Buku yang ada di grup Facebook Penfi dan tidak bisa memberikan penghargaan yang sesuai. 

Karena itulah, Penfi sekarang ingin membantu para penulis yang ingin memperkenalkan karya dengan cara mendaftarkan buku-buku kalian untuk masuk ajang PNFI Reader's Choice Awards tahun 2017 yang akan dilakukan pada awal tahun 2018. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Harus memiliki ISBN. Bisa didapat dengan bekerja sama dengan penerbit indie yang sudah memiliki badan usaha terdaftar.
  2. Mengirimkan softcopy atau 2 eksemplar hardcopy kepada Penfi untuk di-review oleh pejabat Penfi dan relawan Penfi* yang mengajukan diri. Sertakan juga ilustrasi sampul buku agar bisa disebarkan lewat media sosial. 
  3. Buku harus selesai dan diterbitkan pada kurun waktu Desember 2016 hingga November 2017. 
  4. Genre-nya harus fantasi, fiksi ilmiah, atau distopia sebagai tema utama. Gabungan ketiganya atau dua diantaranya juga bisa. Fanfiksi tidak termasuk dalam kategori penghargaan, jadi pastikan karya kalian orisinil.

Jika kalian berminat, silahkan hubungi kami melalui email portalfantasi@gmail.com atau DM/PM kami di sosial media. 


*tambahan: Penfi juga mengundang kalian yang ingin membaca buku self-published ini dengan syarat untuk dibaca segera dan diberi ulasan secara objektif. Kalau tertarik, silahkan menjawab di kolom komentar dan Penfi akan beri kabar lebih lanjut. 

Komentar

  1. Wah, event yang sangat menarik! Semoga ini jadi tanda bahwa genre literasi dalam negeri semakin beragam. Khususnya untuk fantasy, fiksi ilmiah dan distopia. Apresiasi sekali untuk Penfi! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sayang juga liat banyak yang self-published (atau indie) tapi terpencar-pencar. Siapa tahu Penfi bisa jadi tempat ngumpul ^^

      Hapus
  2. Apa buku yang di review harus karya 1 orang, atau bisa antologi? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolaborasi penulis masih diperbolehkan tapi ceritanya satu macam saja soalnya Penfi belum bisa bikin untuk kategori antologi. Tapi kalau ada silahkan kasih tahu Penfi juga, nanti kan Penfi bantu bikin ulasan :D

      Hapus
  3. Min, ada format khusus untuk pendaftaran buku lewat email? Batas pendaftarannya sampai kapan? Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, batasnya sampai November 2017. Kirim aja info tentang buku dan softcopy-nya lewat email :D

      Hapus
  4. Min aku sudah kirim email. Udah keterima belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah nama penerbit yang nerbitin bukunya harus sama dengan penerbit berbadan hukum yang daftarin ISBN nya?

      soalnya saya nerbitin bukunya di penerbit A tapi penerbit A kerjasama dengan penerbit B (yg berbadan hukum). Dan di perpusnas terdaftar sebagai penerbit B.

      Hapus
    2. tidak masalah kok :) BTW, salah satu rekan Penfi sudah punya buku Gang-nya jadi mungkin tidak perlu dikirim lagi. Ditunggu ulasannya... :D

      Hapus
  5. Saya baru submit softcopy Everna: Elang Merah via email. Kebetulan saja saya klik di FB page pnfi, kalau tdk saya tdk akan tahu ttg event ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sudah kami terima emailnya. Terima kasih :D

      Hapus

Posting Komentar