[ULASAN] GANG oleh Avans Cross Lines



Judul Buku: GanG
Penulis : Avans Cross Lines
Penerbit: Cross Lines Books (self-published)
Terbit: April 2017
ISBN: 978-602-665-211-9

Sinopsis:
Martyr Project, sebuah proyek rahasia pemerintah yang bertujuan untuk mencari pelaku kasus pembunuhan dengan cara menghidupkan kembali jasad korban yang telah mati dan menjadi saksi atas kematiannya sendiri.
Alley, seorang ibu muda beranak satu itu melakukan pencarian terhadap suaminya yang hilang di kota mati yang coba pemerintah hidupkan kembali sejak 3 tahun lalu setelah sebelumnya terisolasi selama seabad dari peradaban. Namun, pencarian ini tak semudah yang ia kira karena kegelapan hendak mengurungnya dalam ruang dan waktu tak menentu. Ia tersesat di sebuah gang misterius dan perlahan menemukan fakta-fakta mengejutkan.
Penyihir, mutan, monster, virus, gas beracun, iblis, arwah gentayangan, zombie, teknologi berbahaya masa lalu, dan walikota berusaha melenyapkan Alley dalam pencariannya terhadap suaminya, anaknya, dan kebenaran tentang segala hal yang terjadi di kota tersebut.

Ulasan:
Kisahnya diawali dengan kejar-kejaran seorang pria dan seekor monster yang hendak memangsanya. Pria itu bernama Rehan, seorang reporter, dan dia terjebak di sebuah gang Avycon bersama rekannya Sam, yang terpisah darinya. Rehan dan Sam dinyatakan hilang. Lalu istri Rehan, Alley bermaksud mencari kabar suaminya di Lurid City dengan membawa anaknya. 

Lurid City dulunya adalah sebuah kota tempat para ilmuwan militer bekerja, lalu karena musibah kebocoran laboratorium sehingga mengeluarkan gas beracun dan virus yang memusnahkan hampir semua penduduk di dalamnya, kota tersebut di isolasi. Kemudian 3 tahun lalu pemerintah bermaksud membuka kota itu lagi agar bisa ditinggali dan meninggalkan masa lalunya yang buruk. Tetapi ternyata masa lalu tersebut masih menghantui di gang-gang tertentu seperti Gang Kana dan Gang Avycon. 

Begitu Alley memasuki kota Lurid dia disuguhi berbagai macam peraturan aneh yang semestinya mampu membuat siapapun hengkang dari tempat itu, belum lagi masih banyak berita tentang orang yang mati atau hilang karena salah memasuki kedua gang berbahaya tersebut. Pihak berwajib juga tidak bisa berbuat apa-apa karena bahaya kontaminasi virus dan gas beracun masih menghuni gang-gang tersebut. Ini cukup aneh, apakah kurang personil? Kalau begitu kenapa dibuka pula kotanya? Banyak pertanyaan muncul di sini, tapi ini baru awalnya saja. Beberapa penduduk yang tidak pergi dari kota itu adalah karena rumah dan apartemennya dijual murah, dan mereka terlalu miskin untuk tinggal di kota besar. Alley juga bertekad untuk tetap tinggal karena dia ingin menemukan suaminya.

Karena suatu peristiwa menyangkut anaknya, Alley yang terburu-buru pulang akhirnya malah nyasar ke gang Kana dan di sana dia mengalami hal-hal aneh. Alley bisa keluar setelah bersusah payah hanya untuk mendengar kabar mengejutkan dari temannya, Eren dan setelahnya Alley tetap bertekad membongkar kebenaran atas kota Lurid. Dia pun masuk kembali ke Gang Avycon dibantu polisi muda Thomas, Eren, dan dua orang wanita yang juga sedang mencari anggota keluarga mereka. Kali ini rahasia yang dikubur di kota tersebut melibatkan penyihir dan masa lalu penuh darah. Pada saat ini Alley sudah mengetahui rahasia macam apa yang terkubur dan betapa dia ngeri memikirkan apakah dirinya bisa selamat dari labirin di gang Avycon. Lalu apakah Alley bisa bertemu kembali dengan suami dan anaknya? Endingnya akan membuatmu memilih antara moral atau kebaikan bersama walau harus mengorbankan beberapa hal.

 Secara garis besar, ceritanya memang menarik dan cukup seru. Pengungkapan misterinya dibuka secara perlahan. Kekurangannya adalah tidak adanya emosi antara karakter-karakternya. Latar belakang dunianya juga tidak dibuat dengan landasan yang kuat sehingga banyak sekali kejadian-kejadian yang nggak masuk akal secara logika. Tanpa landasan yang kuat, kekejaman dan kengerian kisahnya jadi seperti uap yang menghilang tanpa meninggalkan bekas apa-apa. Walau gaya tulisannya rapi dengan diksi yang baik, kebanyakan isinya hanya 'memberitahu' bukan 'memperlihatkan'. Jadi menurut saya buku ini masih prematur dan perlu digodok lagi dan dimasukkan ke dalam oven agar bisa memberikan kudapan yang lezat. Penyuguhan peta dan desain cover sungguh menarik mata, so that's a good job.


Terakhir, Don't stop writing, You have a potential ^^.



Catatan: Ulasan ini dibuat dan dikirim oleh FR. 

Komentar