Minggu, 23 Agustus 2020

[Booklicious] Fauna dalam Novel Fantasi


Halo, Penefiers!

Ketika baca novel fantasi, tidak jarang kita akan menemukan kemunculan hewan-hewan sebagai tokoh sampingan. Kadang kala, hewan justru menjadi bintang utama dalam cerita. Di dunia nyata, hewan juga bisa menjadi bintang utama sampai-sampai ada hari tertentu yang diperingati khusus bagi mereka, contohnya di Agustus ini ada Hari Kucing Sedunia (8 Agustus), Hari Singa Sedunia (10 Agustus), Hari Gajah Sedunia (12 Agustus), Hari Orangutan Sedunia (19 Agustus), Hari Nyamuk Sedunia (20 Agustus), dan Hari Anjing Sedunia (26 Agustus). Nah, kali ini Penfi mau rekomendasikan beberapa novel yang tokoh utamanya adalah binatang. Langsung cek saja, yuk!


CHARLOTTE’S WEB

oleh E. B. White

Buku ini pernah diterbitkan di Indonesia oleh Penerbit Dolphin. Novel ini bercerita tentang seekor anak babi yang dipelihara anak bernama Fern. Anak babi itu awalnya mau dibunuh oleh ayah Fern, tapi berkat Fern, dia terselamatkan. Wilbur, demikian nama babi itu, tumbuh semakin besar dan berteman dengan banyak hewan di peternakan, termasuk laba-laba bernama Charlotte. Waktu berlalu dan persahabatannya dengan Charlotte semakin erat. Suatu ketika, ada rumor bahwa Wilbur akan disembelih, maka sebagai sahabat, Charlotte bertekad untuk menyelamatkan Wilbur.

Bagaimanakah kelanjutan kisahnya? Penefiers harus membacanya sendiri untuk mencari tau. Kalau sedang malas baca atau tidak dapat bukunya tapi pengen tau akhir cerita, boleh nonton versi animasinya juga kok. Animasinya pertama kali diangkat pada 1973 kemudian juga di tahun 2003. Bahkan ada juga versi live-action yang dibuat pada tahun 2006 dan musikal drama Charlotte’s Web yang kerap ditampilkan sejak 1989. Gim video berdasarkan film tahun 2006 sempat dirilis untuk GameBoy Advance, Nintendo DS, PlayStation 2, dan PC.

Intinya, novel bertema persahabatan ini tidak akan mengecewakan. E. B. White pernah memenangkan Newberry Honor di tahun 1953 dan Laura Ingalls Wilder Medal di tahun 1970 berkat Charlotte’s Web. Scholastic Parents & Child Magazine pun pernah memasukkan Charlotte’s Web sebagai nomor 1 dalam daftar “100 Greatest Books for Kids”, loh! 


THE TALE OF DESPEREAUX

oleh Kate DiCamillo

Pada 2003, Kate DiCamillo menerbitkan buku fantasi anak-anak berjudul The Tale of Despereaux. Sesuai judulnya, buku ini tentang petualangan seekor tikus bernama Despereaux Tilling dalam menyelamatkan seorang manusia—Putri cantik bernama Pea. Buku ini meraih Newberry Medal pada 2004 dan kembali mengangkat nama Kate DiCamillo sebagai penulis buku anak populer di Amerika. Kalau Penfi ingin tahu lebih banyak tentang penulis ini, jangan lupa kunjungi Author of the Month, ya! Di sana ada informasi buku lain dari Kate yang tidak kalah seru.

Buku ini sudah diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2005 lengkap dengan ilustrasi dari Timothy Basil Ering. Sama seperti Charlotte’s Web, The Tale of Despereaux sudah diadaptasi ke dalam animasi, loh! Film hasil produksi Relativity Media ini dirilis pada tahun 2008 dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Buku ini juga pernah diadaptasi ke dalam gim video untuk Nintendo DS, Wii, dan PlayStation 2 di tahun 2008 juga. Lebih lanjut, PigPen Theatre Co. pun mengadaptasi kisah Despereaux ke musikal drama di tahun 2018. Nah, masa Penefiers masih ragu untuk baca buku populer ini?


GUARDIANS OF GA’HOOLE

oleh Kathryn Lasky

Buku terakhir yang akan Penfi rekomendasikan cocok untuk kamu yang hobi baca buku berseri. Guardians of Ga’Hoole adalah sebuah seri tentang kisah sekelompok burung hantu. Total ada 18 buku menunggu kamu untuk eksplorasi. Yep, betul banget, ada 18 buku!

Beberapa orang yang bukan penggemar buku mungkin lebih tahu dengan versi animasi 3D yang disutradarai Zack Snyder dan dirilis Warner Bros. pada tahun 2010. Film berjudul Legend of the Guardians: The Owls of Ga’Hoole ini adalah adaptasi dari tiga buku pertama dari seri Ga’Hoole. Sebuah gim video dengan nama sama juga dirilis tahun 2010 untuk Nintendo DS, Wii, dan PlayStation 3. Gim mengambil latar yang sama dengan film animasi 3D tersebut. Pada tahun yang sama, Penerbit Kubika menerjemahkan ketiga buku pertama bagi pembaca Indonesia. 

Seri panjang ini ada beberapa fokus cerita sehingga beberapa buku punya tokoh utama yang berbeda. Buku pertama sampai keempat adalah petualangan Soren. Film dan gim mengadaptasi tiga buku pertama dari cerita Soren. Buku kelima tentang adik dari Soren yang bernama Eglantine. Buku keenam kembali fokus pada Soren. Buku ketujuh sampai kedelapan adalah cerita keponakan Soren bernama Nyroc yang kemudian berganti nama menjadi Coryn. Buku kesembilan sampai kesebelas adalah semacam kilas balik tentang Hoole, raja pertama dari Ga’Hoole Tree. Selanjutnya di buku kedua belas sampai kelima belas kembali ke kisah Soren dan Coryn. Selain kelima belas buku di atas, masih ada satu prekuel dan dua buku pendamping. Penfi rincikan masing-masing judul di bawah ini:

  1. The Capture
  2. The Journey
  3. The Rescue
  4. The Siege
  5. The Shattering
  6. The Burning
  7. The Hatchling
  8. The Outcast
  9. The First Collier
  10. The Coming of Hoole
  11. To Be a King
  12. The Golden Tree
  13. The River of Wind
  14. Exile
  15. The War of the Ember
  16. The Rise of Legend
  17. A Guide Book to a Great Tree
  18. Lost Tales of Ga'Hoole

Kalau Penefiers masih merasa kurang masih ada beberapa spin-off dari seri ini, loh! Ada Wolves of the Beyond, Horses of the Dawn, dan yang terbaru Bears of the Ice. Masing-masing buku yang ditulis Kathryn Lasky punya daya tarik sendiri sehingga kita akan menagih buku selanjutnya setelah baca buku yang lain. Kalau punya kesempatan menjumpai seri ini, jangan lupa dibaca, ya!

Sekian rekomendasi Penfi kali ini. Kalau ada kesempatan, Penfi akan rekomendasikan buku-buku bertokoh hewan lain lagi. Jangan lupa, nantikan Booklicious September!




1 komentar:

  1. Charlotte's Web terjemahanku akan diterbitkan juga oleh penerbit Kakatua. :)

    BalasHapus