Kamis, 31 Desember 2020

[AotM] Fiksi Ilmiah dari Emily St. John Mendel

 

Halo, Penefiers!

Pada Author of the Month kali ini, Penfi mau kenalin penulis yang mungkin jarang terdengar oleh kalian. Walau jarang terdengar, bukan berarti karena bukunya jelek lho! Justru dia pernah memenangkan Arthur C. Clarke Award tahun 2015, sebuah penghargaan bergengsi untuk karya fiksi ilmiah British. Buku yang memenangkan penghargaan, Station Eleven juga Penfi bahas di Booklicious . Nah, langsung saja kita cari tau tentang penulis Station Eleven, Emily St. John Mandel!


TENTANG PENULIS:

Emily St. John Mandel lahir di Merville, Canada pada tahun 1979. Hayo, kalau lihat fotonya pasti salah tebak umurnya~ Dia pindah ke Pulau Denman saat usia 10 tahun bersama keluarganya. Pada usia 18 tahun, dia belajar tari modern di The School of Toronto Dance Theatre. Sebelum pindah ke New York, dia juga sempat tinggal di Montreal beberapa waktu.

Karir menulisnya bisa dibilang akibat hobi menulis diari sejak remaja. Hingga saat ini, sudah ada lima novel yang diterbitkannya. Novel yang paling populer adalah Station Eleven, sebuah fiksi post-apocalyptic yang mengingatkan kita pada kondisi pandemi sekarang. Novel ini sempat masuk nominasi National Book Award, Faulkner Award for Fiction, dan Baileys Women’s Prize for Fiction. Bahkan memenangkan Arthur C. Clarke Award dan Toronto Book Award. Dia tidak menyangka novel ini bisa mendapat penghargaan bidang fiksi ilmiah, karena dia menganggap Station Eleven hanya sebatas fiksi umum. Novel terbarunya adalah The Glass Hotel yang terbit di tahun 2020. 



Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, Emily Mandel menyebut buku distopia favoritnya adalah A Canticle for Liebowitz karya Walter Miller. Ini adalah sebuah buku yang ditulis pada tahun 1960. Dia membacanya ketika berusia 15 tahun dan buku itu membekas di ingatan hingga sekarang. Wah, Penfi jadi penasaran tentang apa buku ini! Emily juga menyebutkan buku-buku lain yang disukainya sejak kecil,yaitu The Dark is Rising karya Susan Cooper, The Chornicles of Narnia karya C. S. Lewis, dan The Lord of the Rings karya J. R. R. Tolkien.

Ternyata Emily Mandel penggemar karya fantasi juga. Siapa nih yang sudah baca bukunya? Sekian Author of the Month kali ini. Jangan lupa untuk kunjungi Booklicious dan Bibliostation juga! Sampai jumpa di tahun 2021!

BUAH PENA:

 

Novel:

·         Last Night in Montreal (2009)

·         The Singer’s Gun (2010)

·         The Lola Quartet (2012)

·         Station Eleven (2014)

·         The Glass Hotel (2020)


Antologi:

·         The Late American Novel: Writers on the Future of the Book (2011)

·         Venice Noir (2012)

·         Imaginary Oklahoma (2013)

·         Goodbye To All That: Writers on Loving and Leaving New York (2013)

·         The Best American Mystery Stories (2013)


PENGHARGAAN:

·         Arthur C. Clarke Award (2015)

·         Toronto Book Award (2015)


DAPAT DITEMUI DI:

Twitter           : @EmilyMandel

Instagram      : @EmilyStJohnMandel

Website         : www.emilymandel.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar